Tesis

Insidens dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inkontinensia Alvi Pasca Salin pada Primipara di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo tahun 2017 = Incidence and Affecting Factors of Anal Incontinence After Childbirth in Primiparous Women at dr.Cipto Mangungkusumo Hospital in 2017.

Kejadian inkontinensia alvi pasca salin di Asia lebih rendah dibandingkan di Afrika maupun Eropa. Primipara diketahui lebih sulit menghadapi gangguan ini sehingga ikatan Ibu dengan bayi berkurang, kesejahteraan bayi baru lahir menurun hingga terjadi pembatasan interaksi sosial dan depresi. Faktor-faktor yang mempengaruhi inkontinensia alvi pasca salin multifaktorial dan bersifat kontroversial, antara lain; indeks massa tubuh, cara persalinan, durasi kala dua, berat lahir bayi, episiotomi, dan cedera sfingter ani. Akan tetapi, data maupun faktor-faktor yang mempengaruhi inkontinensia alvi pasca salin belum terekam dengan baik di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui insidens inkontinensia alvi pada primipara dan faktor-faktor yang mempengaruhi saat persalinan serta menentukan kemungkinan terjadinya inkontinensia alvi pasca salin. Penelitian kohort prospektif ini dilakukan di rumah sakit dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada primipara yang bersalin sejak Januari hingga Desember 2017. Sebanyak 279 perempuan dengan kehamilan tunggal dan cukup bulan diikuti dan dinilai kejadian inkontinensia alvi menggunakan kuesioner Wexner pada enam minggu dan tiga bulan pasca salin. Insidens inkontinensia alvi sebesar 4.3% pada enam minggu dan menurun menjadi 2.5% pada tiga bulan pasca salin. Berat lahir ≥ 3.097,5 gram (p=0,033; RR=6,5, IK95% 1,19-19,76), persalinan dengan alat (p= 0,01; RR=6,5; IK95% 1,96-24,99), dan cedera sfingter ani (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Caroline Gladys Puspita - Nama Orang
Surahman Hakim - Nama Orang

No. Panggil
T18557fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 60 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18557fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18557fkT18557fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Insidens dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inkontinensia Alvi Pasca Salin pada Primipara di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo tahun 2017 = Incidence and Affecting Factors of Anal Incontinence After Childbirth in Primiparous Women at dr.Cipto Mangungkusumo Hospital in 2017.

Related Collection