Skripsi

Hubungan antara Empati dengan Masalah Emosi pada Anak Sekolah Dasar = The Relationship between Empathy and Emotional Problems in Primary School Children in Indonesia.

Empati dan kemampuan mengatur emosi yang baik penting dimiliki anak untuk memiliki kualitas hidup dan hubungan sosial yang baik,. Defisit empati dan masalah emosi pada anak dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan, kualitas hidup, dan hubungan sosial dengan teman serta saudara. Penelitian ini mencari hubungan empati dengan masalah emosi pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teknik potong lintang dengan sampel sejumlah 384 yang diambil secara acak dari 620 yang didapatkan secara daring dan langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah EQ-C/SQ-C berbahasa Indonesia untuk menilai empati anak dan kuesioner SDQ untuk menilai masalah emosi anak. Kedua kuesioner tersebut diisi oleh orangtua anak sekolah dasar yang telah setuju untuk mengikuti penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan uji korelasi Rank Spearman pada SPSS Windows versi 20. Berdasarkan hasil analisis, terdapat hubungan yang bermakna antara empati dengan masalah emosi pada lakilaki, perempuan dan seluruh sampel dengan p < 0,05 serta terdapat korelasi berbanding terbalik yang bermakna antara empati dan masalah emosi dengan koefisien korelasi sebesar -0,270 dan p < 0,01. Hubungan bermakna antara empati dan masalah emosi menunjukkan bahwa anak dengan empati tinggi cenderung lebih sering memunyai masalah emosi dibandingkan anak dengan empati yang rendah.
Kata kunci: empati; masalah emosi; EQ-C/SQ-C; SDQ; anak sekolah dasar


In order to have good quality of life and social relationships, empathy skills and ability to regulate emotion are important for children. Empathy deficits and emotional problems can cause interference child development, quality of life and social relationships with friends and relatives. This study aims to determine whether there is a relationship between empathy skills and emotional problems in primary school children. This was a cross-sectional study with 384 samples taken randomly from 620 existing data. The instrument used in this study is the EQ-C/SQ-C that has been validated in Indonesian version to determine the level of children’s empathy skills and the SDQ to determine the emotional problems in children. Both of the questionnaire filled out by primary student parents who have agreed to participate in this study. Data analysis was performed by Chi-Square test and Rank Spearman correlation test on SPSS for Windows version 20. Based on the analysis results, there was a significant relationship between empathy skills and emotional problem in boys, girls and the whole samples with p < 0.05 and there was a negative significant correlation between empathy skills and emotional problems with the correlation coefficient (r) is -0,270 and p < 0,01. The significan relationship between empathy skills and emotional problems in primary school children showed that children with better empathy skills are tend to have an emotional problems than children with low empathy skills.
Keywords: empathy; emotional problem; EQ-C/SQ-C; SDQ; elementary school children

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Eloisa Nathania - Nama Orang
Tjhin Wiguna - Nama Orang

No. Panggil
S18089fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 60 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S18089fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S18089fkS18089fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Empati dengan Masalah Emosi pada Anak Sekolah Dasar = The Relationship between Empathy and Emotional Problems in Primary School Children in Indonesia.

Related Collection