Skripsi

The Association between Parents’ Knowledge, Attitude, and Practice Towards BCG Vaccine in DKI Jakarta, 2017 = Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Orang Tua Terhadap Vaksin BCG di DKI Jakarta, 2017.

Background BCG vaccine is a compulsory immunization issued by thegovernment to protect children from tuberculosis disease. Although it is highly accessible, there are some children in Jakarta who did not get vaccinated from oneof the deadliest disease in Indonesia. Parents are said to be the biggest possiblefactors that influence to the administration of BCG vaccine to children, especially their knowledge, environments, beliefs, and attitude towards immunization. Therefore, this research aim is to know the association between parent’s knowledge, attitude, and practice towards immunization and BCG vaccination for their children.
Method Cross sectional design was used in this research, Questionnaire wasgiven to parents in preschools and kindergartens in Jakarta. Each completed questionnaire will be analyzed using SPSS program and chi-square method with significance value of p less than 0,05 to know the association between parents’ knowledge, attitude, and practice towards BCG vaccine.
Results From 130 data obtained, almost 90% of them have vaccinated their children with BCG vaccine. Chi-square test results revealed a p value below 0.05 relating parental knowledge and BCG vaccination practice (p 0.001), together with attitude and BCG vaccination practice (p 0.001). Other factors, such asparents’ educational status, residence, and partner’s involvement also has an association with the practice of BCG vaccination for their children.
Conclusion Significant relationship concluded regarding parents’ knowledge and practice of BCG vaccine, parents’ knowledge and their attitude, as well parents’attitude and BCG vaccination practice in Jakarta.
Keywords: Parental Knowledge, Attitude, Practice, BCG vaccine, Tuberculosis.


Latar belakang Vaksin BCG merupakan imunisasi wajib yang diisukan oleh pemerintah untuk melindungi anak dari penyakit tuberkulosis. Walaupun gratis dan mudah untuk didapatkan, namun tidak semua anak di Jakarta divaksinasi BCG. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penyakit tuberkulosis tertinggi di dunia. Hal tersebut telah diakui oleh The World Health Organization (WHO). Salah satu faktor kemungkinan terbesar yang mempengaruhi pemberian vaksin BCG pada anak adalah orang tua, khususnya pengetahuan dan sikap mereka terhadap imunisasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, lingkungan sekitar, pandangan, kepercayaan dan sikap orang tua terhadap imunisasi dan vaksin BCG dengan keputusan akhir mereka untuk memberikan vaksin kepada anak mereka.
Metode Penelitian ini akan dilakukan dengan metode cross-sectional dengan cara menyebarkan angket kepada orang tua di beberapa TK dan PAUD di daerah Jakarta Utara dan Selatan untuk menggambarkan DKI Jakarta dengan keseluruhan yang dapat dilihat dari perbandingan Indeks Pembangunan Masyarakat dari kedua daerah Jakarta tersebut. Kemudian, data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan program SPSS dan metode chi-square dengan nilai kemaknaan p < 0,05.
Hasil Dari 130 data yang diteliti, hampir 90% responden memberikan vaksin BCG pada anaknya. Test chi-square menunjukan nilai kemaknaan p kurang dari 0.05 dalam menghubungkan pengetahuan, sikap, dan perilaku orangtua terhadap vaksinasi BCG. Faktor lain seperti tingkat pendidikan, tempat tinggal, dan dukungan pasangan juga dapat berhubungan dengan praktik BCG vaksinasi.
Kesimpulan Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan sikap, pengetahuan dengan praktik, dan juga sikap dengan praktik vaksinasi BCG pada anak di Jakarta.
Kata kunci: Vaksin BCG, Tuberkulosis, Pengetahuan, Sikap, Perilaku Orangtua

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Addina Witsqantidewi - Nama Orang
Bernie Endyarni Medise - Nama Orang

No. Panggil
S17206fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17206fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17206fkS17206fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of The Association between Parents’ Knowledge, Attitude, and Practice Towards BCG Vaccine in DKI Jakarta, 2017 = Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Orang Tua Terhadap Vaksin BCG di DKI Jakarta, 2017.

Related Collection