Tesis

Perbandingan gambaran histologi hati dan aktivitas MnSOD tikus Spraque Dawley yang diberi diet tinggi lemak pada usia dewasa dengan intake kalori yang berbeda selama masa pertumbuhan = The comparison of histological appearance and MnSOD activity in the liver of Spraque Dawley rats that were given a high fat diet in adults with different caloric intake during infancy period.

Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) merupakan penyakit degeneratif yang berkaitan dengan kondisi kurang kalori dan diet tinggi lemak. NAFLD menyebabkan disfungsi mitokondria dan menurunkan aktivitas MnSOD. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan respon hepatosit pada pemberian diet tinggi lemak (DTL) pada tikus dengan intake kalori berbeda selama masa pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan organ hati Spraque Dawley usia 6 minggu yang telah diberi intake kalori berbeda selama 8 minggu, dilanjutkan dengan diet tinggi lemak selama 20 minggu. Terdiri atas kelompok kurang kalori+diet tinggi lemak (KK+TL), cukup kalori+diet tinggi lemak (CK+TL), tinggi kalori+diet tinggi lemak (TK+DL) dan kontrol (diet standar). Parameter yang diperiksa adalah berat organ, histopatologi (HE dan Masson trichrom) serta aktivitas MnSOD (ELISA). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan berat organ dan aktifitas MnSOD pada semua kelompok. Steatosis ditemukan pada kelompok perlakuan dengan prosentase steatosis kelompok KK+TL lebih tinggi dibanding kelompok CK+TL, TK+TL dan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Jelita Inayah Sari - Nama Orang
Ahmad Aulia Jusuf - Nama Orang
Ening Krisnuhoni - Nama Orang

No. Panggil
T19051fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiii, 82 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19051fkT19051fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan gambaran histologi hati dan aktivitas MnSOD tikus Spraque Dawley yang diberi diet tinggi lemak pada usia dewasa dengan intake kalori yang berbeda selama masa pertumbuhan = The comparison of histological appearance and MnSOD activity in the liver of Spraque Dawley rats that were given a high fat diet in adults with different caloric intake during infancy period.

Related Collection