Skripsi

Prevalence Of Attention Deficit Hyperactivity Disorder Children In Elementary Schools In Jakarta And Correlation With School Academic Performance = Prevalensi Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Di Sekolah Dasar Di Jakarta Dan Hubungannya Dengan Performa Akademik Sekolah .

Background: Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) is a children behavioral disorder characterized by a pattern of attention problem such as inattention, hyperactivity and higher levels of impulsivity in a child that cause the decreasing of achievement at school. Aim: To know the correlation between ADHD with the achievement among students of SDN Rawa Badak Utara 01, Jubilee School Jakarta and SDN Sunter Agung 03. Method: This study used analytic observational with cross-sectional design studies and sampling techniques were in simple random sampling style within 116 students; and based on the result of this study, it is found that 18 samples are at high risk of ADHD and 98 without ADHD. Univariate analysis used table with frequency and bivariate analysis use chi-square. Result: Proportion of ADHD was 15,5%. There was correlation between ADHD and school academic performance (p=0,000). This result showed that there was a statistically significant correlation between ADHD with the school academic performance among students of SDN Rawa Badak Utara 01, Jubilee School Jakarta and SDN Sunter Agung 03.


Latar Belakang: Gangguan Pemusatan Perhatian / Hiperaktivitas (GPPH) adalah gangguan perilaku anak yang ditandai dengan pola masalah perhatian seperti kurangnya perhatian, hiperaktif dan tingkat yang lebih tinggi dari impulsivitas pada anak dan biasanya mendapat kesulitan dalam proses belajar yang menyebabkan menurunnya prestasi di sekolah. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara GPPH dengan prestasi antara siswa SDN Rawa Badak Utara 01, Jubilee Sekolah Jakarta dan SDN Sunter Agung 03. Metode: Observasional analitik dengan studi desain cross-sectional dan teknik sampling berada di gaya pengambilan sampel acak sederhana yang berjarak 116 siswa; dan dari penelitian ini didapatkan 18 anak GPPH dan 98 tanpa GPPH. Analisis univariat digunakan meja dengan frekuensi dan analisis bivariat menggunakan chi-square. Hasil: Proporsi GPPH adalah 15,5%. Ada korelasi antara GPPH dan prestasi akademik sekolah (p = 0,000). Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan secara statistik antara GPPH dengan prestasi antara siswa SDN Rawa Badak Utara 01, Jubilee Sekolah Jakarta dan SDN Sunter Agung 03.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Chadijah Karima Assegaf - Nama Orang
Bernie Endyarni Medise - Nama Orang

No. Panggil
S15370FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
xi, 28 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15370FK
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
S15370FKS15370FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalence Of Attention Deficit Hyperactivity Disorder Children In Elementary Schools In Jakarta And Correlation With School Academic Performance =  Prevalensi Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Di Sekolah Dasar Di Jakarta Dan Hubungannya Dengan Performa Akademik Sekolah .

Related Collection