Tesis

Pengaruh elektroakupunktur terhadap kadar prokalsitonin, ureum dan kreatinin pada tikus Wistar model sepsis = Effect of electroacupuncture on plasma procalcitonin, ureum and creatinine in septic Wistar rats.

Sepsis merupakan suatu keadaan disfungsi organ yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh gangguan respon sistem imun pasien terhadap infeksi. Syok sepsis adalah suatu kondisi yang paling berkontribusi terhadap terjadinya gagal ginjal akut pada pasien kritis. Pada sepsis, terjadi produksi yang berlebihan dari sitokin - sitokin proinflamasi yang disebabkan oleh endotoksin bakteri dan suatu keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan mediator proinflamasi dan antiinflamasi. Elektroakupunktur diketahui dapat meregulasi sistem neuro endokrin imun melalui stimulasi nervus vagus dan saraf kolinergik yang mempunyai efek antiinflamasi, dengan efek samping minimal. Penelitian ini menilai pengaruh elektroakupunktur pada titik ST36 Zusanli bilateral terhadap kadar prokalsitonin dan fungsi ginjal melalui pemeriksaan ureum dan kreatinin. Dua puluh delapan tikus Wistar jantan dibagi secara acak kedalam empat kelompok, kelompok kontrol (n = 7), kelompok sepsis (n = 7), kelompok elektroakupunktur (n = 7) dan kelompok elektroakupunktur sham (n = 7). Tindakan elektroakupunktur diberikan 30 menit sebelum induksi bakteri hidup Eschericia coli ATCC 25922. Enam jam kemudian, dilakukan pemeriksaan kadar prokalsitonin, ureum dan kreatinin dengan memberikan hasil yang signifikan pada perbedaan rerata kadar ureum (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Darwin Harpin - Nama Orang
Christina Simadibrata - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang
Atikah Chalida Barasila - Nama Orang

No. Panggil
T19014FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xviii, 92 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19014fkT19014fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh elektroakupunktur terhadap kadar prokalsitonin, ureum dan kreatinin pada tikus Wistar model sepsis = Effect of electroacupuncture on plasma procalcitonin, ureum and creatinine in septic Wistar rats.

Related Collection