Tesis

Peran Terapi Medik Gizi terhadap Status Nutrisi dan Kapasitas Fungsional pada Pasien Sakit Kritis dengan Sindrom Kardiorenal = The Role of Medical Nutrition Therapy on Nutritional Status and Functional Capacity of Critically Ill Patient with Cardiorenal Syndrome.

Latar Belakang: Sindrom kardiorenal (SKR) pada pasien sakit kritis menyebabkan aktivasi respon metabolik dan hiperkatabolisme sehingga meningkatkan risiko malnutrisi. Selain itu, perubahan metabolisme asam amino pada acute kidney injury (AKI) serta peningkatan inflamasi dan leptin pada gagal jantung akut juga meningkatkan risiko protein-energy-wasting dan kaheksia jantung. Malnutrisi pada sakit kritis dengan disfungsi jantung dan ginjal akan meningkatkan mortalitas. Terapi medik gizi bertujuan menyediakan substrat energi, mengurangi respon metabolik terhadap stres, memicu respon imun, serta mempertahankan massa otot, status nutrisi, dan memperbaiki kapasitas fungsional. Metode: Serial kasus ini melaporkan empat pasien sakit kritis dengan SKR yang dirawat di ICU RSUPNCM. Terapi medik gizi diberikan sesuai pedoman pada keadaan sakit kritis dimulai dengan nutrisi enteral dini (NED) dengan target 25–30 kkal/kg BB, sedangkan protein 1,2–2 g/kg BB, lemak 20–30%, dan karbohidrat minimal 2 g/kg BB/hari. Pemberian formula yang diperkaya dengan branched chain amino acid (BCAA) dan serat juga diberikan. Mikronutrien yang diberikan adalah vitamin B dan zink. Hasil: Pasien pada serial kasus ini berusia 24–62 tahun, perbandingan laki-laki dan perempuan 1:3, dan status gizi obesitas dan normal 3:1. Dua dari empat pasien termasuk dalam SKR tipe 1 karena acute decompensated heart failure (ADHF) dan acute coronary syndrome (ACS). Dua pasien lainnya termasuk dalam SKR tipe 3 karena infeksi ginjal dan lupus nefritis. Seluruh pasien mendapatkan NED dan dapat memenuhi kebutuhan makronutrien sesuai rekomendasi. Tiga pasien menggunakan ventilator dengan durasi 14–21 hari, dimana 2 pasien dapat weaning. Perbaikan fungsi pernapasan pada pasien tanpa ventilator juga didapatkan. Penurunan berat badan

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Hilna Khairunisa Shalihat - Nama Orang
Fiastuti Witjaksono - Nama Orang
Diana Sunardi - Nama Orang

No. Panggil
T19003fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 Program Studi Ilmu Gizi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xvi, 151 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T19003fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19003fkT19003fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peran Terapi Medik Gizi terhadap Status Nutrisi dan Kapasitas Fungsional pada Pasien Sakit Kritis dengan Sindrom Kardiorenal = The Role of Medical Nutrition Therapy on Nutritional Status and Functional Capacity of Critically Ill Patient with Cardiorenal Syndrome.

Related Collection