Tesis

Hubungan Kadar Kotinin Urin Dan Tingkat Ketergantungan Nikotin Pada Laki-Laki Perokok Elektronik Reguler = Correlation Between Urinary Cotinine and Nicotine Dependence Level in the Regular Electronic Cigarette Male Users .

Latar belakang: Zat beracun utama dalam rokok elektronik yang ditemukan juga pada rokok konvensional adalah nikotin. Hasil utama metabolisme nikotin berupa kotinin yang terdapat di plasma, urin dan saliva. Kotinin dapat digunakan sebagai penanda hayati penggunaan nikotin pada perokok elektronik. Nikotin juga bersifat adiktif yang menyebabkan ketergantungan, yang dapat menjadi salah satu faktor kendala dalam upaya berhenti merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar kotinin urin dan tingkat ketergantungan nikotin pada laki-laki perokok elektronik reguler. Metode: Penelitian potong lintang secara consecutive sampling dilakukan pada kelompok laki-laki perokok elektronik reguler dan bukan perokok di tahun 2018. Semua subjek penelitian dilakukan wawancara dan pemeriksaan kadar kotinin urin menggunakan metode enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Kuesioner Penn State Nicotine Dependent Index (PSNDI) hanya diisi oleh kelompok perokok elektronik reguler untuk menentukan tingkat ketergantungan nikotin. Hasil: Kadar kotinin urin perokok elektronik pada kelompok tidak ada ketergantungan didapatkan lebih rendah dibanding kelompok ketergantungan sedang-tinggi (p=0,008). Kadar kotinin urin kelompok ketergantungan rendah lebih kecil dibanding kelompok ketergantungan sedang-tinggi (p=0,029). Median kadar kotinin urin kelompok perokok elektronik reguler lebih tinggi dibanding kelompok bukan perokok (276,11 [58.01284.15] ng/mL vs 5.21 [4.65-23.72] ng/mL, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Sri Wening Pamungkasningsih - Nama Orang
Feni Fitriani Taufik - Nama Orang
Erlang Samoedro - Nama Orang

No. Panggil
T18476fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xix, 67 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18476fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18476fkT18476fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Kadar Kotinin Urin Dan Tingkat Ketergantungan Nikotin Pada Laki-Laki Perokok Elektronik Reguler = Correlation Between Urinary Cotinine and Nicotine Dependence Level in the Regular Electronic Cigarette Male Users .

Related Collection