Tesis

Proporsi Kejadian dan Karakteristik Pneumonia Pneumokokus pada Pasien Pneumonia Komunitas Dewasa di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta = Proportion and Characteristic of Pneumococcal Pneumonia Among Adult Patients with Community-Acquired Pneumonia in Persahabatan Hospital, Jakarta.

Latar belakang: Streptococcus pneumoniae adalah etiologi yang paling sering ditemukan pada pneumonia komunitas. Studi di Semarang mendapatkan bahwa angka kejadian pneumonia pneumokokus adalah sebesar 13,5% dari seluruh kasus pneumonia komunitas. Beberapa faktor termasuk vaksinasi mempengaruhi kejadian pneumonia pneumokokus dan komplikasi penyakit pneumokokus invasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi dan karakteristik pneumonia pneumokokus pada pasien pneumonia komunitas. Metode: Penelitian ini adalah studi potong lintang yang dilakukan pada pasien pneumonia komunitas di rumah sakit umum pusat Persahabatan Jakarta pada bulan April -Oktober 2018. Diagnosis pneumonia komunitas ditegakkan apabila terdapat infiltrat baru pada foto toraks disertai dua dari lima gejala demam, sesak napas, batuk, batuk darah, atau nyeri dada yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari dua minggu. Pada tiap subjek penelitian akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis, foto toraks, pemeriksaan laboratorium, dan biakan spesimen seperti sputum, darah, dan cairan pleura. Hasil biakan positif S. pneumoniae akan diperiksakan serotipe, uji kepekaan dan resistensi antibiotik. Hasil: Dari 92 subjek penelitian didapatkan proporsi pneumonia pneumokokus sebesar 12%. Sebagian besar subjek pasien pneumonia pneumokokus berusia 19-64 tahun (72,7%), laki-laki (72,7%), memiliki komorbid paru (54,5%) dan ekstra paru (45,5%), malnutrisi (72,7%), tidak merokok saat ini (81,8%), dan tidak pernah divaksinasi pneumokokus (100%). Sesak napas, batuk, dan demam adalah gejala klinis yang sering ditemukan. Gambaran radiologis yang terbanyak ditemukan adalah infiltrat. Derajat penyakit pada kelompok ini adalah nilai CURB-65 ≤ 2 (100%). Pada penelitian ini didapatkan angka penyakit pneumokokus invasif sebesar 18,2%. Serotipe pada pasien pneumonia pneumokokus dengan penyakit pneumokokus invasif adalah 6A/6B dan 7F/7A, sedangkan pada pasien tanpa penyakit pneumokokus invasif adalah serotipe 3, 6A/6B, 4, 9V/9A, 15A/15F, dan 16F. Telah ditemukan beberapa serotipe pneumokokus yang resisten terhadap antibiotik seperti golongan penisilin, makrolid, tetrasiklin, kloramfenikol, dan klindamisin. Kesimpulan: Proporsi pneumonia pneumokokus pada pasien pneumonia komunitas dewasa di penelitian ini adalah sebesar 12% dan angka kekerapan penyakit pneumokokus invasif sebesar 18,2%. Beberapa karakteristik tampak dominan pada subjek pasien pneumonia pneumokokus, namun hasil uji statistik menunjukkan hubungan yang tidak bermakna.
Kata kunci: S. pneumoniae, vaksinasi, pneumonia pneumokokus, penyakit pneumokokus invasif, serotipe.


Background: One of the common cause of community-acquired pneumonia (CAP) is Streptococcus pneumoniae. One study in Semarang, Indonesia revealed pneumococcal pneumonia (PneuP) was found in 13.5% CAP cases. Factors including pneumococcal vaccination may influence the incidence of PneuP and the risk of complicating invasive pneumococcal disease (Inv-Pneu). Our study aims to identify the proportion and characteristic of PneuP in CAP. Methods: We performed a cross-sectional study among CAP patients treated in Persahabatan Hospital Jakarta, Indonesia between April – October 2018 as subjects. The diagnosis of CAP was defined as evidence of new chest radiographic infiltrate and presence of at least two of five symptoms (fever, dyspnea, cough, hemoptysis, and chest pain) occurred within

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Gina Amanda - Nama Orang
Dianiati Kusumo Sutoyo - Nama Orang
Erlina Burhan - Nama Orang

No. Panggil
T18474fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xvi, 108 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18474fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18474fkT18474fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Proporsi Kejadian dan Karakteristik Pneumonia Pneumokokus pada Pasien Pneumonia Komunitas Dewasa di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta  = Proportion and Characteristic of Pneumococcal Pneumonia Among Adult Patients with Community-Acquired Pneumonia in Persahabatan Hospital, Jakarta.

Related Collection