Tesis

Hubungan fontanel anterior lebar dengan perkembangan motorik kasar dan bahasa pada anak usia 6-24 bulan = Relationship between large anterior fontanel with gross motor and language developmental in children aged 6-24 months.

Latar belakang. Kelainan ukuran lingkar kepala (LK) dan fontanel anterior (FA) pada anak dapat menjadi petunjuk kemungkinan terjadi gangguan pertumbuhan otak intrauterin. Gangguan pertumbuhan otak dapat menimbulkan manifestasi klinis berupa gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan. (1) mengetahui hubungan antara FA yang lebar dengan perkembangan motorik kasar dan bahasa pada anak usia 6-24 bulan, (2) mengetahui hubungan antara fontanel anterior yang lebar dengan perkembangan otak yang abnormal dari pemeriksaan USG kepala, (3) mengetahui faktor-faktor risiko yang berperan dalam perkembangan motorik kasar dan bahasa pada anak dengan FA lebar. Metode. Desain penelitian adalah kasus kontrol untuk menilai perkembangan motorik kasar dan bahasa menggunakan pemeriksaan Denver II dan perkembangan otak dinilai dengan pemeriksaan USG kepala, pada anak usia 6-24 bulan dengan ukuran FA lebar (≥ 1 SD) sesuai kelompok usia. Kelompok kasus jika perkembangan motorik kasar dan bahasanya terlambat sedangkan kelompok kontrol jika perkembangan motorik kasar dan bahasanya normal yang dipasangkan sesuai kelompok usianya, yang berobat ke RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo antara bulan Desember 2017 sampai dengan Mei 2018. Faktor-faktor risiko dianalisis secara bivariat dan multivariat. Hasil penelitian. Dari 127 anak dengan FA lebar, 9 anak dieksklusi, sehingga ada 118 anak sebagai subyek penelitian. Pada kelompok kasus maupun kontrol ada 59 subyek, terdiri dari 18 anak (usia 6-

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Ommy Ariansih - Nama Orang
Irawan Mangunatmadja - Nama Orang
R.A. Setyo Handrayastuti - Nama Orang

No. Panggil
T18465fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 69 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18465fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18465fkT18465fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan fontanel anterior lebar dengan perkembangan motorik kasar dan bahasa pada anak usia 6-24 bulan = Relationship between large anterior fontanel with gross motor and language developmental in children aged 6-24 months.

Related Collection