Tesis

PERBANDINGAN PENURUNAN NYERI TUNGKAI BAWAH ANTARA PEMBERIAN PEREGANGAN (STRETCHING) DENGAN PEMBERIAN MINI-BREAK PADA PENJAHIT INDUSTRI GARMEN = COMPARISON BETWEEN STRETCHING AND MINI-BREAK INTERVENTION TO REDUCE LOWER LEG PAIN AMONG SEWING WORKER OF A GARMENT INDUSTRY.

Latar Belakang: Nyeri tungkai bawah adalah salah satu keluhan muskuloskeletal yang sering dialami para penjahit industri garmen UMKM. Menurut penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya, diketahui bahwa baik stretching ataupun mini-break mampu mengurangi keluhan muskuloskeletal pada pekerja, namun belum pernah ada yang meneliti efektivitas kedua intervensi tersebut pada penjahit industri garmen. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental, dan menggunakan desain two-group pre test-post test. Penelitian ini melibatkan 70 orang subyek penelitian, yang terbagi menjadi 33 orang pada ruang kerja 1, dan 37 orang pada ruang kerja 2. Sebelum diberikan intervensi, terlebih dahulu diambil skor VAS pre-intervensi dari seluruh subyek penelitian, kemudian para subyek mengikuti program intervensi sesuai ruang kerjanya, dimana pada ruang kerja 1 akan diberikan intervensi stretching, dan ruang kerja 2 akan diberikan intervensi mini-break. Kedua intervensi dilaksanakan oleh subyek penelitian selama 2 minggu. Setelah pemberian intervensi ,akan dilakukan kembali pengukuran nilai VAS post-intervensi untuk menilai efektivitas dari program intervensi yang telah diberikan. Data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan uji statistik untuk menilai perbandingan efektivitas kedua kelompok intervensi. Hasil: Terdapat nilai median selisih VAS pre-post intervensi sebesar 4 pada kelompok stretching, dan nilai median selisih VAS sebesar 2 pada kelompok mini-break. Dari hasil analisis perbedaan penurunan nyeri tungkai bawah antara kelompok intervensi stretching dan kelompok intervensi mini-break diperoleh hasil nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Rama Devarie Likumahwa - Nama Orang
Aria Kekalilh - Nama Orang
Sudadi Hirawan - Nama Orang

No. Panggil
T18458fk
Penerbit
Jakarta : S2 Program Studi Kedokteran Kerja.,
Deskripsi Fisik
xv, 81 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18458fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18458fkT18458fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of PERBANDINGAN PENURUNAN NYERI TUNGKAI BAWAH ANTARA PEMBERIAN PEREGANGAN (STRETCHING) DENGAN PEMBERIAN MINI-BREAK PADA PENJAHIT INDUSTRI GARMEN = COMPARISON BETWEEN STRETCHING AND MINI-BREAK INTERVENTION TO REDUCE LOWER LEG PAIN AMONG SEWING WORKER OF A GARMENT INDUSTRY.

Related Collection