Tesis

Akurasi Peak Systolic Velocity Arteri Radialis Sebagai Prediktor Maturasi Fistula Arteriovena Radiosefalika Di RSCM = Accuracy of Peak Systolic Velocity of Radial Artery as Predictor Maturation of Radiocephalic Arteriovenous Fistula at RSCM.

Latar belakang: Hemodialisis merupakan salah satu tatalaksana penting yang dilakukan pada pasien dengan penyakit ginjal kronik (PGK) stadium 5 atau penyakit ginjal stadium akhir. Komplikasi akses hemodialisis lebih rendah pada penggunaan akses hemodialisis autogen dibandingkan dengan penggunaan akses prostetik. Maturitas fistula arteriovena sangat menentukan keberhasilan suatu akses vaskular untuk hemodialisis. Maturitas fistula arteriovena tergantung dengan persiapan pre operasi pembuatan fistula arteriovena. Penelitian ini diharapkan pemeriksaan peak systolic velocity pada arteri radialis preoperatif dan intraoperatif dapat memprediksi keberhasilan maturasi dari fistula arteriovena radisefalika. Subjek dan Metode: Subjek adalah pasien-pasien yang akan dibuat FAV radiosefalika dengan USG mapping sesuai standar. Sesaat setelah anastomosis diukur peak systolic velocity dengan USG Doppler probe linear. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang analitik untuk mendapatkan hubungan maturasi FAV dengan peak systolic velocity preoperatif dan intraoperatif. Hasil: FAV radiosefalika (n=71) pada 71 pasien dibuat dan dievaluasi dalam 6 minggu. Rerata PSV preoperatif pada fistula yang matur secara signifikan lebih tinggi dibandingkan yang tidak matur (54,6+11,7 cm/s dan 26,7+7,7 cm/s; P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Richard Yehuda Limen - Nama Orang
Dedy Pratama - Nama Orang
Aria Kekalilh - Nama Orang

No. Panggil
T18456fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Bedah Vaskular dan Endovaskular.,
Deskripsi Fisik
xiii, 56 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18456fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18456fkT18456fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Akurasi Peak Systolic Velocity Arteri Radialis Sebagai Prediktor Maturasi Fistula Arteriovena Radiosefalika Di RSCM = Accuracy of Peak Systolic Velocity of Radial Artery as Predictor Maturation of Radiocephalic Arteriovenous Fistula at RSCM.

Related Collection