Tesis

Hubungan antara faktor klinikopatologi dengan metastasis di omentum pada kanker ovarium jenis epitel = The relationship between clinicopathological factors with metastasis in omentum in epithelial ovarian cancers.

Latar Belakang: Omentum merupakan tempat metastasis yang paling sering pada kanker ovarium jenis epitel. Omentum dan epitel ovarium berasal dari mesotelium. Ometum memiliki hubungan dengan ovarium, melalui mesovarium, dimana mesovarium merupakan bagian dari peritoneum. Metastasis kanker ovarium tipe epitel paling banyak terjadi melalui sirkulasi intraperitoneal dan sirkulasi limfatik. Selain sebagai tempat metastasis utama, omentum memiliki kemampuan melawan infeksi melalui peran imunologi. Omentum memiliki kemampuan mengkolonisasi penyebaran sel kanker dengan terbentuknya “omental caking”. Oleh karena itu apakah tindakan omentektomi perlu dilakukan pada setiap pasien kanker ovarium jenis epitel yang dilakukan surgical staging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan faktor klinikopatologi dengan metastasis di omentum pada kanker ovarium jenis epitel. Metode: Penelitian dilakukan dengan potong lintang total sampling, menggunakan data rekam medis pasien kanker ovarium jenis epitel yang dilakukan pembedahan di RS Cipto Mangunkusumo antara tanggal 1 Januari 2010 sampai dengan 31 Desember 2017. Variabel yang dinilai adalah tipe histologi, derajat diferensiasi, ukuran tumor, nodul omentum, asites, dan kadar CA 125. Luaran yang dinilai adalah adanya metastasis di omentum. Hasil : Didapatkan 81 subjek yang memenuhi kriteria inklusi. Didapatkan hubungan yang bermakna antara tipe histologi dengan metastasis di omentum (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Febian Nathania - Nama Orang
Sigit Purbadi - Nama Orang

No. Panggil
T18453fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xv, 107 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18453fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18453fkT18453fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara faktor klinikopatologi dengan metastasis di omentum pada kanker ovarium jenis epitel = The relationship between clinicopathological factors with metastasis in omentum in epithelial ovarian cancers.

Related Collection