Tesis

Jumlah Perdarahan dan Kebutuhan Transfusi Packed Red Cell Intraoperasi pada Pasien Tumor Otot dan Jaringan Lunak: FaktorFaktor yang Berpengaruh = Bleeding and Packed Red Cell Transfusion Requirement in Soft Tissue Tumor Surgery: Associated Factors.

Latar Belakang: Kebanyakan operasi tumor otot dan jaringan lunak membutuhkan transfusi Packed Red Cell (PRC). Bila transfusi terlambat dan tidak adekuat, risiko iskemia jaringan, morbiditas dan mortalitas meningkat. Transfusi juga meningkatkan risiko infeksi, rekurensi tumor, dan imunosupresi. Oleh sebab itu, persiapan transfusi harus disiapkan dengan baik. Beberapa faktor telah dihubungkan dengan transfusi pada operasi tumor otot dan jaringan lunak, yaitu status ASA, Hb praoperasi, lokasi, ukuran, dan keganasan tumor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor tersebut dengan perdarahan dan transfusi PRC intraoperasi. Metode: Penelitian ini merupakan studi kohort retrospektif terhadap 84 dokumen operasi tumor otot dan jaringan lunak oleh dokter bedah ortopaedi selama 2015-2017. Analisis multivariat dilakukan untuk menilai hubungan tiap faktor dengan jumlah perdarahan dan transfusi PRC intraoperasi. Sebagai tambahan, dibuat model prediksi probabilitas dibutuhkannya transfusi PRC intraoperasi. Hasil: Pada analisis multivariat didapatkan bahwa ukuran tumor mempengaruhi jumlah perdarahan (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Aino Nindya Auerkari - Nama Orang
Aida Rosita Tantri - Nama Orang
Anas Alatas - Nama Orang

No. Panggil
T18431fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xv, 83 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18431fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18431fkT18431fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Jumlah Perdarahan dan Kebutuhan Transfusi Packed Red Cell Intraoperasi pada Pasien Tumor Otot dan Jaringan Lunak: FaktorFaktor yang Berpengaruh = Bleeding and Packed Red Cell Transfusion Requirement in Soft Tissue Tumor Surgery: Associated Factors.

Related Collection