Tesis

Kesesuaian Broselow Tape dengan Rumus Cole dalam Memprediksi Ukuran Pipa Endotrakeal uncuffed pada pasien ras Melayu usia 1-6 tahun = The Accuracy of Broselow Tape Compared to the Cole Formula in Predicting Uncuffed Endotracheal Tube Size in Malay Race aged 1-6 years old.

Latar Belakang: Tidak mudah untuk mengetahui ukuran pipa endotrakeal uncuffed yang tepat untuk anak. Rumus Cole luas digunakan tetapi tidak selalu memberikan ukuran yang tepat. Cara lain untuk memperkirakan ukuran pipa endotrakeal adalah dengan menggunakan Broselow tape. Broselow tape adalah pita alat ukur untuk pasien pediatrik yang menghubungkan panjang badan dan berat badan berdasarkan data dari negara-negara Barat ras Kaukasia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi ketepatan pengukuran Broselow tape dibandingkan dengan rumus Cole dalam memprediksi ukuran pipa endotrakeal uncuffed pada pasien ras Melayu usia 1-6 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik komparatif dengan rancangan potong lintang pada pasien pediatrik ras Melayu usia 1 hingga 6 tahun yang menjalani operasi elektif dengan anestesia umum menggunakan intubasi pipa endotrakeal uncuffed di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo selama bulan Agustus sampai dengan Oktober 2018. Sebanyak 110 subjek diambil dengan metode consecutive sampling. Hasil pengukuran menurut rumus Cole dan Broselow Tape dicatat praoperasi. Setelah dilakukan anestesia umum, intubasi dilakukan dan dicatat ukuran pipa endotrakeal uncuffed aktual yang sesuai. Analisis data dilakukan dengan uji McNemar. Hasil: Prediksi ukuran pipa endotrakeal uncuffed berdasarkan rumus Cole tepat pada 56,4% subjek (62 subjek). Terlalu kecil dibanding aktual pada rumus Cole didapatkan sebanyak 39,1%. Prediksi ukuran pipa endotrakeal uncuffed berdasarkan pengukuran Broselow Tape tepat pada 72,7% subjek (80 subjek). Persentase prediksi yang terlalu kecil dibanding aktual menurut Broselow Tape didapatkan sebanyak 22,7%. Dilakukan uji analisis dengan McNemar, didapatkan ketepatan prediksi ukuran pipa endotrakeal uncuffed berdasarkan Broselow Tape secara signifikan lebih tepat dibandingkan prediksi ukuran pipa endotrakeal uncuffed berdasarkan rumus Cole (p=

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Gumarbio Setiadi Zakaria - Nama Orang
Christopher Kapuangan - Nama Orang
Aida Rosita Tantri - Nama Orang

No. Panggil
T18429fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xiv, 47 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18429fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18429fkT18429fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kesesuaian Broselow Tape dengan Rumus Cole dalam Memprediksi Ukuran Pipa Endotrakeal uncuffed pada pasien ras Melayu usia 1-6 tahun = The Accuracy of Broselow Tape Compared to the Cole Formula in Predicting Uncuffed Endotracheal Tube Size in Malay Race aged 1-6 years old.

Related Collection