Tesis

Hubungan sepsis dengan waktu tercapainya fungsi peristaltik usus pascabedah pada obstruksi duodenum kongenital = The relationship between sepsis and timing achievement of peristaltic function in congenital duodenal obstruction.

Pendahuluan : Obstruksi duodenum kongenital merupakan salah satu kelainan bawaan pada saluran cerna yang tersering. Fungsi peristaltik merupakan hal yang ingin dicapai pada pascabedah. Resiko terjadinya translokasi bakteri pada kasus obstruksi membuat pasien jatuh dalam kondisi sepsis hal ini akan memengaruhi waktu tercapainya fungsi peristaltik dan pada akhirnya akan meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Selain itu, infeksi nosokomial yang mengancam neonatus menyebabkan sepsis pada neonatus juga akan memengaruhi waktu tercapainya fungsi peristaltik. Penelitian ini ditujukan untuk mencari hubungan sepsis dengan waktu tercapainya fungsi peristaltik. Metode : Desain penelitian ini adalah potong lintang menggunakan data sekunder yaitu pasien obstruksi duodenum tanpa disertai kelainan bawaan berupa gastroschizis, omphalocele dan atresia intestinal lain yang telah dilakukan operasi di RSCM periode bulan Januari 2010-Juli 2016. Subjek dikelompokkan menjadi sepsis dan non sepsis kemudian dilakukan analisis untuk melihat hubungan dengan waktu tercapainya fungsi peristaltik serta menganalisis variabel perancu yaitu, usia gestasi, berat badan lahir, kelainan bawaan, kondisi hipoksia dan ketidakseimbangan elektrolit. Analisis data dilakukan univariat, bivariat (Mann Whitney, Chi Square atau Fischer) dan multivariat (regresi linier) dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Juwita Cresti Rahmaania - Nama Orang
Sastiono - Nama Orang

No. Panggil
T17640fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
xi, 36 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17640FKT17640fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan sepsis dengan waktu tercapainya fungsi peristaltik usus pascabedah pada obstruksi duodenum kongenital = The relationship between sepsis and timing achievement of peristaltic function in congenital duodenal obstruction.

Related Collection