Tesis

Perbedaan kadar CA 125 pasien tuberkulosis paru dan infeksi paru non-TB di RSCM = The difference of CA 125 levels between pulmonary tuberculosis patients and non-TB pulmonary infection patients in RSCM.

Latar Belakang. Penelitian penelitian di luar negeri menunjukkan kadar CA 125 yang meningkat bermakna pada pasien dengan TB paru. Pemeriksaan CA 125 yang cukup cepat dan praktis diharapkan dapat membantu menegakkan diagnosis TB. Penelitian ini ingin melihat perbedaan rerata kadar CA 125 pada pasien TB paru dan Infeksi Paru non-TB di Indonesia. Metode. Penelitian in merupakan studi potong lintang yang melibatkan pasien TB paru dan infeksi paru non-TB yang berobat di RSCM pada kurun waktu JuniAgustus 2018. Penegakkan diagnosis TB paru pada penelitian ini berdasarkan kriteria klinis dan bakteriologis sesuai dengan panduan yang dikeluarkan Kemenkes 2014. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji T tidak berpasangan bila memenuhi syarat. Dilakukan analisis untuk melihat perbedaan rerata kadar CA 125 pada pasien TB paru dan infeksi paru non TB. Hasil. Dari penelitian ini didapatkan 60 subyek dengan TB paru lebih sedikit dibandingkan Infeksi paru non-TB (22 Vs 38). Diperoleh hasil nilai median CA 125 pada kelompok pasien dengan TB paru lebih tinggi dibandingkan kelompok pasien infeksi paru non-TB (84,7 Unit/ml vs 23,9 Unit/ml) dengan hasil yang bermakna secara statistik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Roy Akur Pandapotan - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang
Gurmeet Singh - Nama Orang
Tony Loho - Nama Orang
Arief Mansjoer - Nama Orang

No. Panggil
T18418fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 77 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18418fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18418fkT18418fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan kadar CA 125 pasien tuberkulosis paru dan infeksi paru non-TB di RSCM = The difference of CA 125 levels between pulmonary tuberculosis patients and non-TB pulmonary infection patients in RSCM.

Related Collection