Tesis

Pengaruh Terapi Probiotik Terhadap Komposisi Mikrobiota Usus pada Anak dengan Diare Akut: Studi Pendahuluan = Effect of Probiotic Treatment on Gut Microbiota in Children with Acute Diarrhea: A Pilot Study.

Latar belakang: Diare akut merupakan masalah kesehatan yang penting dengan morbiditas dan mortalitas yang cukup tinggi. Perubahan komposisi mikrobiota usus pada diare akut ditandai dengan menurunnya komposisi bakteri yang menguntungkan bagi tubuh, yaitu Bifidobacterium dan Lactobacillus, dan peningkatan bakteri patogen seperti Enterobacter dan Clostridium. Kondisi ini disebut disbiosis. Pemberian probiotik pada kasus diare akut dapat mengatasi disbiosis, mempercepat masa penyembuhan, dan mengurangi komplikasi. Sampai saat ini, belum terdapat penelitian di Indonesia mengenai pemberian probiotik untuk mengatasi disbiosis pada diare akut. Tujuan: Membuktikan bahwa terjadi disbiosis pada diare akut, yang dapat diseimbangkan dengan pemberian probiotik. Metode: Studi uji klinis, kontrol plasebo, dilakukan di RSUD Budhi Asih Jakarta, sejak Januari hingga Maret 2018. Penelitian melibatkan 36 orang anak berusia 648 bulan yang datang dengan keluhan diare akut. Spesimen tinja diperiksa menggunakan teknik non culture real time PCR untuk mendeteksi jumlah Lactobacillus, Bifidobacterium, Enterobacter, Clostridium dan all bacteria, kemudian dilakukan pemberian probiotik atau plasebo selama 5 hari, kemudian dilakukan pemeriksaan mikrobiota kembali 2-3 minggu kemudian. Hasil: Jumlah bakteri Lactobacillus lebih tinggi pada kelompok diare akut dibandingkan anak sehat yaitu dalam median (jarak interkuartil): 1,52x10 3 4 (1,22x10 ) vs 6,87x10(2,41x10 2 ) (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Dion Darius Samsudin - Nama Orang
Agus Firmansyah - Nama Orang
Eka Laksmi - Nama Orang

No. Panggil
T18413fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvii, 48 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18413fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18413fkT18413fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Terapi Probiotik Terhadap Komposisi Mikrobiota Usus pada Anak dengan Diare Akut: Studi Pendahuluan = Effect of Probiotic Treatment on Gut Microbiota in Children with Acute Diarrhea: A Pilot Study.

Related Collection