Tesis

Hubungan Morfologi Embrio Tiga Pronukleus (3PN) dengan Potensi Kelainan Kromosom pada Pasien Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI) = The Relationship Between Morphology Of Three-Pronuclear (3PN) Embryo and Chromosomal Abnormalities Potential in intracytoplasmic sperm injection (ICSI).

Pengantar: Zigot tiga pronukleus (3PN) merupakan salah satu hasil dari fertilisasi abnormal yang sering yang diamati dalam teknologi fertilisasi in vitro, dan biasanya tidak dikultur dan ditransfer atas pertimbangan risiko kelainan kromosom. Namun, informasi mengenai perkembangan dan komposisi genetik embrio 3PN tersebut bermanfaat untuk mempertimbangkan apakah embrio tersebut dapat ditransfer atau tidak apabila tidak didapatkan embrio 2PN ataupun embrio yang dihasilkan sangat sedikit.. Tujuan: Untuk mengetahui status kromosom embrio 3PN dan menganalisis hubungan antara morfologi embrio 3PN dan status kromosomnya. Hasil: Tiga puluh zigot 3PN dari 16 pasangan/siklus intracytoplasmic sperm injection (ICSI) diperoleh selama periode 6 bulan. Biopsi dilakukan pada embrio 3PN hari ke5/6 dan selanjutnya dilakukan skrining genetik menggunakan metode Next Generation Sequencing (NGS). Dari 30 embrio 3PN tersebut, 66,7% memiliki kromosom yang abnormal. Pada tahap pembelahan, tidak didapatkan hubungan antara semua parameter morfologi embrio 3PN dengan status kromosomnya. Sebaliknya, pada tahap blastokista, derajat ekspansi blastokista

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Shanty Olivia Febrianti Jasirwan - Nama Orang
Budi Wiweko - Nama Orang
Dewi Friska - Nama Orang

No. Panggil
T18409fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xii, 82 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18409fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18409fkT18409fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Morfologi Embrio Tiga Pronukleus (3PN) dengan Potensi Kelainan Kromosom pada Pasien Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI) = The Relationship Between Morphology Of Three-Pronuclear (3PN) Embryo and Chromosomal Abnormalities Potential in intracytoplasmic sperm injection (ICSI).

Related Collection