Tesis

Evaluasi Antibiotik Kualitatif Kasus Sepsis di Pediatric Intensive Care Unit (PICU) RSCM = Qualitative Evaluation of Antibiotics in Sepsis Patients hospitalized in Pediatric Intensive Care Unit of Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar belakang : Penggunaan antibiotik pada ruang perawatan intensif (Intensive Care Unit, ICU) masih sangat tinggi terutama pada kasus sepsis. Penggunaan terapi tidak rasional merupakan masalah serius dan umum terjadi dan dapat menyebabkan meningkatnya resistensi antibotik. Sepsis merupakan disfungsi organ yang mengancam kehidupan (life-threatening organ dysfunction) yang disebabkan oleh disregulasi imun terhadap infeksi. Terapi antibiotik merupakan komponen utama dalam tatalaksana sepsis. Pemberian antibiotik yang tepat sejak dini pada pasien sepsis perlu dilakukan, dengan pilihan obat yang sesuai dengan pola kuman di komunitas dan rumah sakit. Tujuan : Mengevaluasi pemilihan antibiotik secara kualitatif pada kasus sepsis yang menjalani perawatan di PICU RS Cipto Mangunkusumo. Metode : Desain penelitian potong lintang berdasarkan data pasien anak dengan sepsis yang dirawat di PICU RSCM yang tercatat di rekam medis sejak April 2017 - Maret 2018. Metode pengumpulan data dilakukan secara secara total sampling. Hasil : Subyek yang memenuhi kriteria penelitian yaitu 82 pasien. Sebagian besar subyek perempuan, dengan rentang usia enam bulan sampai satu tahun, status gizi baik, durasi rawat

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Cindra Kurnia Damayanti - Nama Orang
Hindra Irawan Satari - Nama Orang
Rini Sekartini - Nama Orang

No. Panggil
T18407fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 61 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18407fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18407fkT18407fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Evaluasi Antibiotik Kualitatif Kasus Sepsis di Pediatric Intensive Care Unit (PICU) RSCM = Qualitative Evaluation of Antibiotics in Sepsis Patients hospitalized in Pediatric Intensive Care Unit of Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection