Tesis

Kadar Procalcitonin sebagai Biomarker Sepsis pada Pasien Tumor Padat Metastasis dengan Demam dan Leukositosis = Level of Procalcitonin and Its Role as A Sepsis Biomarker in Metastatic Solid Tumor Patients with Fever and Leucocytosis.

Latar Belakang: Diagnosis sepsis pada pasien tumor padat metastasis sulit karena adanya gejala, seperti demam dan leukositosis, dapat timbul tanpa adanya infeksi. Procalcitonin (PCT) merupakan salah satu parameter untuk mendiagnosis sepsis. Titik potong PCT untuk diagnosis sepsis pada pasien tumor padat metastasis dengan demam dan leukositosis masih belum diketahui. Studi sebelumnya belum ada yang menilai titik potong PCT pada pasien tumor padat metastasis dengan demam dan leukositosis. Tujuan: Mengetahui titik potong PCT dalam diagnosis sepsis pada pasien tumor padat metastasis dengan demam dan leukositosis. Metode: Studi potong lintang terhadap pasien tumor padat metastasis dengan demam dan leukositosis yang berobat di RSCM Juni 2016 - April 2018. Pada pasien ditentukan ada tidaknya sepsis menggunakan kriteria sepsis sesuai The Third International Consensus Definitions for Sepsis and Septic Shock (Sepsis-3), yaitu menggunakan mSOFA. Dilakukan pemeriksaan darah perifer dan PCT. Dilakukan pencarian nilai titik potong PCT untuk diagnosis sepsis pada pasien tumor padat metastasis dengan demam dan leukositosios menggunakan ROC. Hasil: Didapatkan 86 pasien tumor padat metastasis dengan demam dan lekositosis, dengan wanita sebanyak 61,6%, rerata usia 49,48 ±11,44 tahun. Sebanyak 43 pasien (50%) mengalami sepsis. Dari kurva ROC kadar PCT pada tumor padat metastasis dengan demam dan leukositosis yang mengalami sepsis, didapatkan AUC [0,873 ,IK 0,799 – 0,946, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Reza Nugraha Yulisar - Nama Orang
Erni Juwita Nelwan - Nama Orang
Ikhwan Rinaldi - Nama Orang
C. Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T18397fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xv, 60 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18397fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18397fkT18397fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kadar Procalcitonin sebagai Biomarker Sepsis pada Pasien Tumor Padat Metastasis dengan Demam dan Leukositosis = Level of Procalcitonin and Its Role as A Sepsis Biomarker in Metastatic Solid Tumor Patients with Fever and Leucocytosis.

Related Collection