Tesis

Hubungan Lama Hemodialisis, Laju Ultrafiltrasi, Volume Ultrafiltrasi, Hipotensi Intradialisis, dan Diabetes Melitus dengan Peningkatan Kadar Troponin I pada Pasien Hemodialisis Kronik Dua Kali Seminggu = Relation of Hemodialysis Vintage, Ultrafiltration Rate, Ultrafiltration Volume, Intradialitic Hypotention and Diabetes Mellitus with the Increased Levels of Troponin I in Chronic Hemodialysis Patients Twice a Week.

Latar Belakang: Perubahan hemodinamik selama hemodialisis (HD) kronik dapat menimbulkan hipoperfusi dan iskemia koroner yang dapat menyebabkan cedera miokard yang ditandai dengan peningkatan kadar troponin I (cTnI) sehingga dapat menjadi penanda yang potensial untuk kejadian tersebut. Hemodialisis 2 kali seminggu berisiko membuat laju ultrafiltrasi (UFR) dan volume ultrafiltrasi (UFV) yang lebih tinggi sehingga menimbulkan kejadian hipovolemia yang lebih besar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi pasien yang mengalami peningkatan cTnI intradialisis dan satu bulan setelah HD serta mengetahui hubungan antara faktor-faktor lama HD, UFR, UFV, hipotensi intradialisis (IDH), dan diabetes melitus (DM) dengan peningkatan kadar cTnI tersebut. Metode: Penelitian ini merupakan studi kohort prospektif untuk menilai kadar cTnI sebelum dan sesudah HD. Sebanyak 138 subyek yang menjalani HD 2 kali seminggu memenuhi kriteria inklusi. Pemeriksaan kadar cTnI menggunakan reagen ARCHITECH STAT. Nilai cut off cTnI untuk laki-laki adalah 34,0 pg/mL dan untuk perempuan 15,6 pg/mL. Analisis bivariat dan multivariat dilakukan untuk mengetahui hubungan antara lama HD, UFR, UFV, IDH dan DM dengan peningkatan cTnI intradialisis dan satu bulan setelah HD. Hasil: Dari 138 subyek, sebanyak 57 subyek (41,3%) mengalami peningkatan kadar cTnI. Kadar cTnI meningkat secara signifikan selama HD (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Nuly Juariah Mahnulia - Nama Orang
Ginova Nainggolan - Nama Orang
Pringgodigdo Nugroho - Nama Orang
Ikhwan Rinaldi - Nama Orang

No. Panggil
T18388fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 88 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18388fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18388fkT18388fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Lama Hemodialisis, Laju Ultrafiltrasi, Volume Ultrafiltrasi, Hipotensi Intradialisis, dan Diabetes Melitus dengan Peningkatan Kadar Troponin I pada Pasien Hemodialisis Kronik Dua Kali Seminggu = Relation of Hemodialysis Vintage, Ultrafiltration Rate, Ultrafiltration Volume, Intradialitic Hypotention and Diabetes Mellitus with the Increased Levels of Troponin I in Chronic Hemodialysis Patients Twice a Week.

Related Collection