Skripsi

Hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan Tekanan Darah dengan Tingkat Keparahan Psoriasis pada Pasien Psoriasis di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo = Association between Body Mass Index and Blood Pressure to the Severity of Psoriasis in Psoriatic Patients at RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo.

Psoriasis merupakan kelainan kulit yang diakibatkan oleh disregulasi sistem imun yang berdampak sangat besar terhadap kualitas hidup pasien. Sindrom metabolik, di antaranya termasuk obesitas dan hipertensi, diduga memiliki hubungan yang kuat dengan psoriasis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dan tekanan darah dengan tingkat keparahan psoriasis yang diukur dengan skor Psoriasis Area and Severity Index (PASI). Penelitan dilakukan di Unit Rekam Medis Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan melibatkan 63 pasien psoriasis yang berobat di RSCM pada tahun 2015 dan 2016. Dari 63 pasien yang ikut serta dalam penelitian ini, tingkat keparahan psoriasis terbagi 18 orang untuk kategori ringan dan 45 orang untuk kategori sedang berat. Terdapat 35 pasien yang dikategorikan obese dan 16 pasien yang dikategorikan mengalami hipertensi. Analisis statistik yang dilakukan pada penelitian ini yaitu berupa uji Chi-Square menunjukkan beberapa hubungan statistik yang signifikan yaitu hubungan antara tingkat keparahan psoriasis dengan IMT (p=0,025) dan tekanan darah (p=0,026). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara obesitas dan hipertensi dengan tingkat keparahan psoriasis.
Kata kunci : obesitas, hipertensi, tingkat keparahan psoriasis, PASI


Psoriasis is a skin disorder caused by immune disregulation which impacts the quality of life of the patient. Metabolic syndrome, which includes obesity and hypertension, was suspected to have a strong association with psoriasis. The purpose of this research is to find out the association between Body Mass Index (BMI) and blood pressure to psoriasis severity which was measured using the Psoriasis Area and Severity Index (PASI) score. The research was done at the Medical Record Unit of dr. Cipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) and includes participation of 63 psoriasis patient who was seeking medical care at year 2015 and 2016. Of all 63 patients participated in this research, the psoriasis severity was divided into 18 patients in mild category and 45 patients in moderate-tosevere category. There are 35 patients who are categorized as obese and 16 patients that are categorized in hypertensive. Statistical analysis that was done in this research shows some statistically significant association between psoriasis severity and BMI (p=0,025) and blood pressure (p=0,026). This concludes that there are significant associations between obesity and hypertension to psoriasis severity.
Key words: obesity, hypertension, PASI, psoriasis severity

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Fachreza Aulia Trinanda - Nama Orang
Endi Novianto - Nama Orang

No. Panggil
S18001fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 33 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S18001fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S18001fkS18001fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan Tekanan Darah dengan Tingkat Keparahan Psoriasis pada Pasien Psoriasis di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo = Association between Body Mass Index and Blood Pressure to the Severity of Psoriasis in Psoriatic Patients at RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo.

Related Collection