Tesis

Karakteristik dan Hubungan Resistom dan Tingkat Kekebalan Gentamisin, Klindamisin dan Minosiklin pada Isolat Klinis Staphylococcus aureus Kebal Metisilin = The Gentamicin, Clindamycin and Minocycline Resistome and Minimum Inhibitory Concentration Characteristics and Relations in Clinical Methicillin-resistant Staphylococcus aureus.

Latar belakang: Antibiotik gentamisin (GEN), klindamisin (CLI) dan minosiklin (MIN) digunakan dalam penanganan infeksi Staphylococcus aureus kebal metisilin (methicillin-resistant Staphylococcus aureus, MRSA). Teknologi next-generation sequencing (NGS) merupakan metode mutakhir yang digunakan untuk pemetaan pola kekebalan kuman untuk pengendalian infeksi di suatu fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil genom isolat MRSA klinis melalui pemeriksaan NGS. Metode: Proses sequencing DNA menggunakan Illumina® MiSeq dilakukan pada 92 isolat MRSA klinis yang diperoleh dari pasien yang dirawat di Hiroshima University Hospital, Hiroshima, Jepang sehingga didapatkan masing-masing susunan genom de novo. Susunan genom de novo tersebut kemudian dianalisis in silico menggunakan ResFinder sehingga didapatkan profil genom kekebalan antibiotik kuman. Data ini kemudian dianalisis bersama data fenotip kadar hambat minimum (KHM) GEN, CLI, dan MIN. Hasil: Penelitian ini menunjukkan MRSA aac(6')aph(2") + + + + ,spc , ermA ,tetM merupakan isolat terbanyak (42/92) dan memiliki KHM GEN >16 mg/L (40/42), CLI >4 mg/L (26/42) dan MIN >8 mg/L MIN (30/42). Deteksi gen aac(6’)aph(2”) berhubungan dengan KHM GEN (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Irandi Putra Pratomo - Nama Orang
Eiso Hiyama - Nama Orang
Taijiro Sueda - Nama Orang
Hiroki Ohge - Nama Orang

No. Panggil
T18367fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 26 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18367fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18367fkT18367fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Karakteristik dan Hubungan Resistom dan Tingkat Kekebalan Gentamisin, Klindamisin dan Minosiklin pada Isolat Klinis Staphylococcus aureus Kebal Metisilin = The Gentamicin, Clindamycin and Minocycline Resistome and Minimum Inhibitory Concentration Characteristics and Relations in Clinical Methicillin-resistant Staphylococcus aureus.

Related Collection