Tesis

Masa Tercapainya Kestabilan Tajam Penglihatan Terbaik Pascabedah Refraktif Fakoemulsifikasi Dan Penanaman Lensa Intraokular Pada Penerbang Dengan Katarak = Stable Best Corrected Visual Acuity Period Surgery In Pilot With Senile Cataract.

Pemberian rekomendasi fit to fly setelah dilakukan tindakan bedah refraktif fakoemulsifikasi pada pilot yang mengalami katarak berdasarkan protocol Civil Aviation Safety Regulations (CASR) 67 KP 303 tahun 2012 diberikan setelah 2 bulan pascabedah. Saat ini dengan kemajuan teknologi dan modifikasi teknik, kestabilan tajam penglihatan pascabedah dapat lebih cepat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukkan dalam hal perubahan kebijakan lama masa unfit penerbang dengan katarak yang dilakukan tindakan bedah refraktif fakoemulsifikasi. Agar penerbang yang tajam penglihatannya sudah stabil dan sudah memenuhi kriteria fit to fly dapat secepatnya kembali bertugas guna mengurangi loss of work. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kohort retrospektif. Data diambil dari rekam medis, dilakukan perbandingan best corrected visual acuity (BCVA) dalam satuan desimal praoperasi, hari pertama, serta minggu pertama, kedua, keempat, dan kedelapan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling, didapatkan 16 rekam medis yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Seluruh sampel berjenis kelamin laki-laki (100%) berusia 59 – 61 tahun. BCVA didapatkan berbeda bermakna pada hari pertama pascabedah yang dibandingkan dengan prabedah (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Jessica - Nama Orang
Dewi Friska - Nama Orang
Soemardoko T. - Nama Orang

No. Panggil
T18360fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Penerbangan.,
Deskripsi Fisik
xii, 39 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18360fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18360fkT18360fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Masa Tercapainya Kestabilan Tajam Penglihatan Terbaik Pascabedah Refraktif Fakoemulsifikasi Dan Penanaman Lensa Intraokular Pada Penerbang Dengan Katarak = Stable Best Corrected Visual Acuity Period Surgery In Pilot With Senile Cataract.

Related Collection