Tesis

Perubahan Skala Ketidaknyamanan Tungkai dan Produktivitas Sesudah Intervensi Kursi Meja Kerja pada Pekerja Sulam Tapis Perempuan = Changes in Lower Limb Discomfort Score and Productivity After Working Desk-Chair Intervention In Tapis Cloth Female Workers.

Latar Belakang. Proses pembuatan kain tapis membutuhkan waktu lama dan ketelitian tinggi. Pekerja bekerja dengan menggunakan peralatan sulam tenun tradisional yang tidak memperhatikan aspek ergonomi. Proses menyulam dilakukan dengan posisi duduk bersila di lantai mengakibatkan timbulnya ketidaknyamanan tungkai dan berdampak pada produktivitas sulam. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kursi meja kerja yang ergonomis dan melihat pengaruhnya terhadap penurunan skala ketidaknyamanan tungkai dan peningkatan produktivitas sesudah intervensi pada pekerja kain tapis. Metode Penelitian. Desain yang digunakan adalah eksperimental one group pre-post intervensi dengan pembuatan media intervensi berupa kursi meja yang ergonomis. Sampel diambil menggunakan metode cluster sampling perusahaan tapis. Pada penelitian dilakukan pengumpulan data skala VAS ketidaknyamanan dan panjang sulam setiap akhir kerja. Analisis data dilakukan dengan program statistik SPSS Statistics 20.0. Hasil Penelitian. Telah didapatkan kursi meja kerja yang ergonomis bagi pekerja sulam tapis. Median skala VAS ketidaknyaman tungkai sebelum intervensi sebesar 7,0 (4,58,5). Median skala VAS ketidaknyamanan tungkai sesudah intervensi sebesar 1,0 (0,51,5). Median selisih skala VAS ketidaknyamanan sebelum dan sesudah intervensi sebesar 6,0 (3,0-7,5) (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Winda Trijayanthi Utama - Nama Orang
Retno Asti Werdhani - Nama Orang
Suryo Wibowo - Nama Orang

No. Panggil
T18344fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Kerja.,
Deskripsi Fisik
xviii, 78 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18344fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18344fkT18344fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perubahan Skala Ketidaknyamanan Tungkai dan Produktivitas Sesudah Intervensi Kursi Meja Kerja pada Pekerja Sulam Tapis Perempuan  = Changes in Lower Limb Discomfort Score and Productivity After Working Desk-Chair Intervention In Tapis Cloth Female Workers.

Related Collection