Tesis

Dampak Restriksi Vitamin B12 Terhadap Kadar Homosistein, HOMA-IR Dan Gambaran Histopatologi Perlemakan Hati Non Alkoholik Pada Tikus = Impact of Vitamin B12 Restriction on Homocysteine Levels, Insulin Resistance and NAFLD.

Latar Belakang: Perlemakan hati merupakan penyakit hati kronik terbesar di dunia. Kondisi yang mendasari terjadinya perlemakan hati dimulai dari kondisi resistensi insulin. Salah satu patogenesis terjadinya resistensi insulin adalah gangguan pada pensinyalan insulin oleh zat toksik tertentu yang akan berinteraksi dengan protein yang menyusun jalur pensinyalan insulin. Peningkatan homosistein dikaitkan dengan resistensi insulin. Homosistein akan meningkat sejalan dengan terganggunya jalur metilasi dari siklus metionin. Pemberian diet restriksi vitamin B12 akan memicu terjadinya resistensi insulin lewat jalur stres oksidatif yang ditimbulkan oleh homosistein. Bahan dan Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimental terhadap 24 tikus Sprague Dawley jantan (Rattus norvegicus, 300-350 gram, usia 35-40 minggu), terbagi ke dalam 4 kelompok yaitu kontrol (K), Kelompok perlakuan 4 minggu (P-1), Kelompok Perlakuan 8 minggu (P-2) dan kelompok perlakuan 12 minggu (P-3). Pada Kelompok kontrol, diberikan diet standar AIN-93M sedangkan kelompok perlakuan diberikan pakan modifikasi restriksi vitamin B12 AIN-93 sesuai usia perlakuan. Hasil: Kelompok perlakuan 8 minggu paling baik dalam menggambarkan kondisi perlemakan hati dibandingkan kelompok kontrol dan perlakuan 4 minggu, sedangkan kelompok perlakuan 12 minggu telah mempresentasikan kondisi NASH (Non Alcoholic Steatohepatitis). Untuk hasil homosistein P1vsK1 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Irena Ujianti - Nama Orang
Imelda Rosalyn S - Nama Orang
Dewi Irawati S. Santoso - Nama Orang

No. Panggil
T18339fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xv, 79 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18339fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18339fkT18339fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Dampak Restriksi Vitamin B12 Terhadap Kadar Homosistein, HOMA-IR Dan Gambaran Histopatologi Perlemakan Hati Non Alkoholik Pada Tikus  = Impact of Vitamin B12 Restriction on Homocysteine Levels, Insulin Resistance and NAFLD.

Related Collection