Tesis

Hubungan Terapi Statin dengan Gangguan Muskuloskeletal pada Penerbang dengan Hiperlipidemia di Indonesia = The association of statin therapy and musculoskeletal disorders among pilots with hyperlipidemia in Indonesia.

Latar Belakang: Hiperlipidemia memiliki angka prevalensi yang tinggi pada penerbang di Indonesia. Penanganan hiperlipidemia tersebut salah satunya diterapi oleh statin dengan salah satu efek samping gangguan musculoskeletal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan terapi statin dengan gangguan muskuloskeletal pada penerbang dengan hiperlipidemia di Indonesia. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode potong lintang. Pengambilan data di Balai Kesehatan Penerbangan Indonesia pada bulan Mei-Juni 2018 dengan cara pengisian kuesioner terstruktur dan data rekam medis. Kuesioner diberikan kepada penerbang yang melakukan pemeriksaan kesehatan per enam bulan sebanyak 203 penerbang. Penerbang yang masuk kriteria mengalami hiperlipidemia dan menggunakan statin sebanyak 57 orang. Data kemudian diolah dengan program SPSS versi 22 dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square, Fisher, dan KolmogorovSmirnov. Hasil : Dari 203 responden, 85 (41,87%) penerbang mengalami hiperlipidemia dengan 57 penerbang pengguna statin. Sebanyak 5 orang (8,77%) penerbang pengguna statin dengan hiperlipidemia mengalami gangguan musculoskeletal. Faktor – faktor risiko yang berperan seperti jenis kelamin, umur, jam terbang total, indeks massa tubuh, jenis pesawat dan jabatan tidak memiliki perbedaan yang bermakna terhadap gangguan muskuloskeletal. Tidak terdapat perbedaan bermakna antara gangguan otot yang dialami penerbang pengguna statin dengan hiperlipidemia (p > 0,05). Kesimpulan: Dapat disimpulkan penggunaan statin pada penerbang yang mengalami hiperlipidemia tidak berhubungan dengan gangguan musculoskeletal. Dengan demikian penggunaan statin bisa disarankan pada penerbang.
Kata kunci : Hiperlipidemia; gangguan muskuloskeletal; penerbang; statin


Background : Hyperlipidemia has a high prevalence rate among pilots in Indonesia. One of Treatment of hyperlipidemia treated by statins with one of the side effects of musculoskeletal disorders. The purpose of this study to examine the relationship between statin therapy with musculoskeletal disorder among pilots with hyperlipidemia in Indonesia. Methods : This study using cross-sectional design. Data retrieve in Indonesian Aviation Medical Centre in May-June 2018 by structured questionaires and medical records. questionnaires is given to pilots who do general check up in six months periodically (N=203). Pilots who met with criteria (statin user and hyperlipidemia) 57 participants. Data processed by SPSS version 22 and analyzed using Chi-Square, Fisher and Kolmogorov-smirnov test. Result: From 203 respondents, 85 (41,87%) pilot have hyperlipidemia with 57 pilots use statin. The result shows 5 participant experience muscoskeletal disorder (8,77%). The risk factors such as gender, age, total flight hour, body mass index, type of aircraft and position have no significant meaning with musculoskeletal disorders. There is no association between statin therapy among hyperlipidemia pilots with musculoskeletal disorder (p>0,05). Conclusions : There is no association between statin therapy among hiperlipidemia pilots with musculoskeletal disorder. Therefore statin therapy can be suggested to pilots.
Keywords : Hyperlipidemia;Musculoskeletal Disorder; Pilots;Statin

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Intan Faridasari Kusumawaty - Nama Orang
Trevino A. Pakasi - Nama Orang
Djunadi - Nama Orang

No. Panggil
T18326fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Penerbangan.,
Deskripsi Fisik
xiii, 96 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18326fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18326fkT18326fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Terapi Statin dengan Gangguan Muskuloskeletal pada Penerbang dengan Hiperlipidemia di Indonesia  = The association of statin therapy and musculoskeletal disorders among pilots with hyperlipidemia in Indonesia.

Related Collection