Tesis

Analisis Luaran Klinis dan Neurologis Pasien Carpal Tunnel Syndrome Pascaoperasi Open Carpal Tunnel Release di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo = Clinical and Neurological Outcome Carpal Tunnel Syndrome Patients Post Open Carpal Tunnel Release in Cipto Mangunkusumo General Hospital.

Pendahuluan: Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan suatu neuropati paling sering pada ekstremitas atas. Tindakan dekompresi yang umum dilakukan antara lain prosedur operasi Open Carpal Tunnel Release (OCTR) dengan angka kepuasan pasien sebesar 75-90%. Beberapa alat ukur dapat dipakai untuk menilai luaran hasil operasi. Penelitian ini memakai kuisioner Boston Carpal Tunnel Questionnaire (BCTQ) untuk menilai luaran klinis dan pemeriksaan Electro Diagnostic Testing (EDT) untuk menilai luaran neurologis. Metode Penelitian: Empat puluh enam tangan dari 34 pasien (3 laki-laki/ 8,8% dan 31 perempuan/ 91,2%) yang telah dilakukan operasi OCTR dari tahun 2014-2017 di Rumah Sakit Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo dilakukan penilaian dengan BCTQ dan EDT pra dan pascaoperasi. Temuan Penelitian: Semua pasien melaporkan berkurangnya nyeri, kesemutan berkurang sampai menghilang, dan peningkatan fungsi tangan. Hasil BCTQ menunjukkan perbaikan pada Symptom Severity Score (SSS) dan Functional Status Score (FSS). Nilai praoperasi SSS dari 3,32 ± 0,64 mengalami perbaikan menjadi 1,19 ± 0,26 dan FSS dari 3,31 + 0,61 ke 1,19 ± 0,35. Kedua hasil ini signifikan secara statistik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Dyah Purnaning - Nama Orang
Wahyu Widodo - Nama Orang

No. Panggil
T18313fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi.,
Deskripsi Fisik
xxi, 74 hlm. ; 14 x 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18313fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18313fkT18313fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisis Luaran Klinis dan Neurologis Pasien Carpal Tunnel Syndrome Pascaoperasi Open Carpal Tunnel Release di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo = Clinical and Neurological Outcome Carpal Tunnel Syndrome Patients Post Open Carpal Tunnel Release in Cipto Mangunkusumo General Hospital.

Related Collection