Tesis

Pengaruh Bedah Katup Mitral Rematik dan Intervensi Bedah Atrium Kiri terhadap Konversi Irama pada Pasien Fibrilasi Atrium Valvular = Effect of Combined Rheumatic Mitral Valve Surgery and Left Atrial Surgical Intervention on Rhythm Conversion in Patients with Valvular Atrial Fibrillation.

Latar belakang: Penyakit katup mitral rematik akan menyebabkan remodeling struktural dan remodeling elektris pada atrium kiri, yang mengakibatkan perubahan irama sinus menjadi fibrilasi atrium (FA). Intervensi atrium kiri (IAK) berupa reduksi dinding posterior atrium kiri dan/atau isolasi apendiks atrium kiri pada bedah katup mitral rematik untuk mengurangi faktor substrat dan faktor pencetus FA dipikirkan mempunyai pengaruh terhadap konversi FA kembali ke irama sinus. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh jangka pendek prosedur bedah mitral rematik dan IAK terhadap konversi irama sinus pada pasien FA valvular. Metode: Subjek penelitian adalah pasien FA dengan penyakit katup mitral rematik yang menjalani prosedur bedah mitral dan/atau IAK pada bulan Januari 2012 - Maret 2018. Karakteristik dasar, parameter ekokardiografi prabedah dan pascabedah, jenis tindakan operasi, dan irama elektrokardiogram (EKG) pasca operasi dikumpulk melalui data rekam medis pasien. Analisa statistik dilakukan dengan perangkat lunak SPSS. Hasil: Terdapat 307 subjek yang terjaring dalam penelitian. Sebanyak 127 subjek masuk kedalam grup kontrol (bedah mitral) dan 180 subjek masuk kedalam grup intervensi (bedah mitral dengan IAK). Pada kelompok kontrol, 25 subjek (19,7%) mengalami konversi irama sinus sesaat pascabedah namun tidak terdapat subjek yang mengalami konversi irama sinus pada periode pengamatan selanjutnya. Pada kelompok intervensi terdapat 74 (41,1%), 10 (5,6%), 6 (3,3%), dan 4 (0,02%) subjek yang mengalami konversi irama sinus dalam periode segera pascabedah (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Wibisono Firmanda - Nama Orang
Sunu Budhi Raharjo - Nama Orang
BRM. Ario Soeryo Kuncoro - Nama Orang

No. Panggil
T18307fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xvi, 46 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18307fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18307fkT18307fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Bedah Katup Mitral Rematik dan Intervensi Bedah Atrium Kiri terhadap Konversi Irama pada Pasien Fibrilasi Atrium Valvular = Effect of Combined Rheumatic Mitral Valve Surgery and Left Atrial Surgical Intervention on Rhythm Conversion in Patients with Valvular Atrial Fibrillation.

Related Collection