Tesis

Efek minyak ikan kaya asam lemak omega-3 terhadap inflamasi kolon mencit yang diinduksi AOM dan DSS: Kajian terhadap ekspresi Cox-2, iNOS, dan β-Katenin = Effect of omega-enriched fish oil on inflammation of mice colon induced by AOM and DSS: Study on COX-2, iNOS, and β-catenin expression.

Kanker kolorektal adalah salah satu penyebab utama kematian akibat kanker di beberapa negara di dunia. Inflamasi telah diketahui sebagai salah satu etiologi kanker kolorektal. Omega-3 diketahui memiliki efek antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antiinflamasi minyak ikan kaya omega-3 pada inflamasi kolon mencit yang diinduksi Azoksimetan (AOM) dan dextran sodium sulfat (DSS) dengan cara melihat ekspresi siklooksigenase-2 (COX-2), inducible nitric oxide synthase (iNOS), dan β-katenin. Pada studi ini 30 ekor mencit Swiss Webster dibagi menjadi 6 kelompok: (1) Kelompok kontrol negatif (KN); (2) Kelompok obat uji minyak ikan kaya asam lemak omega-3 dengan dosis 3 mg/hari (Dosis-I); (3) kelompok obat uji minyak ikan kaya asam lemak omega-3 dengan dosis 1,5 mg/hari (Dosis-II); (4) Kelompok kontrol pelarut minyak jagung (KP); (5) Kelompok kontrol positif aspirin (ASP); (6) Kelompok normal (KNO). Kelompok 1-5 diinduksi dengan AOM 10 mg/kgBB intraperitoneal sekali, lalu 1 minggu kemudian diikuti dengan pemberian DSS 2% ad lib dalam air minum selama 7 hari. Setelah masa induksi dilanjutkan waktu perlakuan obat uji sesuai kelompok diatas selama 6 minggu. Hasil yang diperoleh adalah tidak ada perbedaan bermakna pada kelompok obat uji (Dosis-I dan Dosis-II) (P>0.05) terkait ekspresi COX-2, INOS, dan β-katenin dibandingkan dengan semua kelompok kontrol negatif. Perbedaan bermakna dalam ekspresi COX2, INOS, dan β-katenin dijumpai dengan membandingkan semua kelompok perlakuan dengan kelompok normal (p0.05) related to COX-2, INOS, and β-catenin expression compared with all control groups. Significant differences in the expression of COX-2, INOS, and β-catenin were found by comparing all treatment groups with the normal group (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Pater Dean Adare - Nama Orang
Kusmardi - Nama Orang
Ria Kodariah - Nama Orang

No. Panggil
T18305fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xv, 73 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18305fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18305fkT18305fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek minyak ikan kaya asam lemak omega-3 terhadap inflamasi kolon mencit yang diinduksi AOM dan DSS: Kajian terhadap ekspresi Cox-2, iNOS, dan β-Katenin = Effect of omega-enriched fish oil on inflammation of mice colon induced by AOM and DSS: Study on COX-2, iNOS, and β-catenin expression.

Related Collection