Tesis

Perubahan Motorik Kasar Berdasar Gross Motor Function Classification System (Gmfcs) Pada Anak Cerebral Palsy Dan Faktor Yang Memengaruhinya.

Latar belakang. Cerebral palsy (CP) adalah penyakit neurologi yang menyebabkan disabilitas jangka panjang. GMFCS adalah pengklasifikasian CP yang sering digunakan klinisi untuk melihat keparahan dan perkembangan penyakit CP. Terdapat beberapa faktor yang mungkin dapat memengaruhi perubahan motorik kasar pasien CP seperti usia, jenis kelamin, usia gestasi, tipe CP berdasar topografi, riwayat asfiksia, gambaran radiologi, ukuran lingkar kepala, adanya gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, epilepsi dan lama mederita CP. Tujuan. Mengetahui karakteristik klinis pasien CP, perubahan motorik kasar berdasar GMFCS serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian. Penelitian berupa cross-sectional untuk melihat perubahan motorik kasar berdasarkan GMFCS dan faktor yang memengaruhinya. Analisis yang dipakai untuk mengetahui hubungan adalah uji MacNemar dan kai kuadrat. Hasil penelitian. Kejadian CP lebih banyak pada anak laki-laki (61%), lahir matur (75%), tipe tetraplegi (66%), radiologi abnormal (83,3%), lingkar kepala abnormal (83%) dan adanya epilepsi (61%). Didapatkan perbaikan bermakna antara GMFCS saat awal diagnosis dibandingkan GMFCS saat ini (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

NURUL HIDAYAH - Nama Orang
Dwi Putro Widodo - Nama Orang
Irawan Mangunatmadja - Nama Orang

No. Panggil
T18297fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiv, 58 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18297fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18297fkT18297fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perubahan Motorik Kasar Berdasar Gross Motor Function Classification System (Gmfcs) Pada Anak Cerebral Palsy Dan Faktor Yang Memengaruhinya.

Related Collection