Tesis

Efek 5-Fluorouracil topikal terhadap apoptosis dan proliferasi pada lesi prakanker sel skuamosa kulit mencit yang diinduksi DMBA = The effect of topical 5-Fluorouracil on apoptosis and proliferation in skin squamous cell precancerous lession of mice induced by DMBA .

Kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan oleh akumulasi perubahan molekul genetik maupun epigenetik pada jaringan kulit. Salah satu tipe kanker kulit yang bersifat invasif adalah karsinoma sel skuamosa (KSS). Keuntungan diketahuinya lesi prakanker sel skuamosa secara lebih dini mampu mencegah lesi tersebut berkembang menjadi KSS invasif sehingga dapat meningkatkan efek terapi yang diberikan. 5-FU merupakan senyawa antimetabolit yang bekerja sebagai antagonis pirimidin pada molekul DNA dan RNA yang menginduksi apoptosis pada sel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek apoptosis dan hambatan proliferasi melalui ekspresi protein caspase-3 dan Ki67 pada lesi prakanker sel skuamosa kulit mencit yang diinduksi DMBA/croton oil dengan perlakuan krim 5-FU dan imiquimod 5% topikal. Krim 5-FU yang diuji terdiri atas konsentrasi 1%, 2%, dan 5%. Analisis ekspresi protein dilakukan dengan metode imunohistokimia. Pada induksi karsinogenesis diketahui bahwa papilloma mulai muncul pada minggu ke-5 atau ke-6 setelah perlakuan DMBA/croton oil. Hasil pemberian terapi 5-FU selama 4 minggu (minggu ke-10 sd minggu ke-14) menunjukkan adanya penurunan pada jumlah dan volume tumor (p0.05), sedangkan ekspresi Ki67 terendah pada pemberian5-FU 2% dan 5%(p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Siti Nurkasanah - Nama Orang
Aida SD Hoemardani - Nama Orang
Puspita Eka Wuyung - Nama Orang

No. Panggil
T18263fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xviii, 115 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18263fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18263fkT18263fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek 5-Fluorouracil topikal terhadap apoptosis dan proliferasi pada lesi prakanker sel skuamosa kulit mencit yang diinduksi DMBA = The effect of topical 5-Fluorouracil on apoptosis and proliferation in skin squamous cell precancerous lession of mice induced by DMBA .

Related Collection