Tesis

Efek penambahan progesteron in vitro terhadap kemampuan kapasitasi dan ketahanan hidup spermatozoa = Effect of in vitro progesteron supplementation on sperm capacitation and survival.

LATAR BELAKANG : Salah satu hambatan dalam program reproduksi berbantu adalah rendahnya viabilitas dan motilitas sel spermatozoa. Analisis proteomik menunjukkan adanya banyak protein yang diduga berperan dalam regulasi motilitas dan viabilitas spermatozoa antara lain progesteron. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek prosurvival progesteron terhadap spermatozoa melalui penekanan apoptosis. BAHAN DAN CARA KERJA : Sampel spermatozoa dicuci dengan sentrifugasi gradient. Sampel spermatozoa di tambahkan progesteron dengan konsentrasi 0 (kontrol), 250, 500, 750 dan 1000 ng/mL. Setelah perlakuan, sampel dilakukan pemeriksaan integritas membran dengan metode HOS dan pemeriksaan motilitas dengan Computer Assisted Sperm Analyzer (CASA). Deteksi protein fosforilasi tirosin dan Akt serta aktivitas kaspase dilakukan dengan metode western blot. HASIL : Efek penambahan progesteron meningkatkan rerata motilitas spermatozoa namun berbeda tidak bermakna (p>0.05). Integritas membran spermatozoa tidak berpengaruh pada pemberian progesteron. Analisis western blot menunjukkan peningkatan fosforilasi protein tirosin antara kelompok kontrol dan setelah diberikan progesteron (p>0.05). Demikian halnya dengan hasil fosforilasi protein Akt juga mengalami peningkatan pada kelompok kontrol dan setelah diberikan progesteron berbagai dosis. Aktivitas kaspase-3 mengalami penurunan bila dibandingkan antara kelompok kontrol dan setelah diberikan progesteron (p0.05). The integrity of the spermatozoa membrane is no effect in progesterone. Western blot analysis revealed an increase of tyrosine phosphorylation protein levels between control and after progesterone group (p>0.05). Similarly, the results of Akt protein phosphorylation also increased in control and after progesterone group. Caspase-3 activity decreased when compared between control and after progesterone group (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Sisca - Nama Orang
Dwi Ari Pujianto - Nama Orang
Luluk Yunaini - Nama Orang

No. Panggil
T18261fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 77 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18261fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18261fkT18261fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek penambahan progesteron in vitro terhadap kemampuan kapasitasi dan ketahanan hidup spermatozoa = Effect of in vitro progesteron supplementation on sperm capacitation and survival.

Related Collection