Tesis

Pengaruh Destrangulasi Intestinal Terhadap Cedera Iskemia-Reperfusi Pada Sprague-Dawley = The Influence of Intestinal Destrangulation on Ischemia- Reperfusion Injury in Sprague-Dawley Rats.

Pendahuluan. Pada usus yang mengalami iskemia, maka tindakan reperfusi akan dapat membuat kerusakan yang lebih besar pada usus dan juga organ lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh destrangulasi intestinal terhadap organ yang dekat dengan organ yang mengalami iskemia yaitu usus halus, dan pada organ yang letaknya berjauhan yaitu gaster dan paru-paru, dibandingkan dengan subyek yang tidak mengalami destrangulasi sebelum reseksi usus. Metode. Studi eksperimental yang bersifat deskriptif analitik pada 14 ekor tikus SpragueDawley jantan. Pada kelompok perlakuan destrangulasi-reseksi (DR) dilakukan strangulasi dengan meligasi satu loop usus selama 4 jam, kemudian dilakukan destrangulasi dan reseksi segmen usus yang iskemia. Pada kelompok perlakuan reseksi (R) dilakukan strangulasi usus selama 4 jam, kemudian segmen usus yang iskemia direseksi tanpa melakukan destrangulasi terlebih dahulu. Pada kelompok kontrol dilakukan laparotomi tanpa strangulasi maupun reseksi. Empat jam setelah intervensi kedua, tikus dimatikan, dan dilakukan pengambilan sampel dari usus halus, gaster, dan paru-paru untuk pemeriksaan histomorfologi dan biokimia dengan menggunakan malondialdehyde (MDA). Hasil. Pada pemeriksaan histomorfologi dan MDA, terdapat peningkatan kerusakan jaringan serta kadar MDA pada jaringan usus halus, namun perbedaannya tidak bermakna. Pada jaringan gaster dan paru-paru tidak ditemukan peningkatan kelainan histomorfologi maupun MDA. Kesimpulan. Destrangulasi intestinal sebelum dilakukan reseksi menimbulkan peningkatan kerusakan jaringan dan stress oksidatif pada usus yang berada di luar batas strangulasi, namun perbedaan yang didapatkan tidak bermakna secara statistik. Strangulasi terbatas pada satu segmen usus halus tidak selalu menimbulkan cedera iskemia-reperfusi pada organ gaster dan paru-paru.
Kata kunci: Cedera iskemia-reperfusi, destrangulasi intestinal, malondialdehyde


Introduction. On the intestinal ischemia events, reperfusion towards the injured intestine can cause further damage to the bowel and other organ as well. This study aims to understand the influence of intestinal destrangulation before bowel resection towards organs that are near and far from the ischemic bowel, compared with subjects without intestinal destrangulation. The studied subject’s organ was small bowel outside margin of strangulation, stomach, and lung. Methods. Fourteen male Sprague-Dawley rats were randomized either to destrangulation-resection (DR), resection (R), or control group. One bowel loop was ligated for 4 hours. On the DR group the strangulated bowel was released for 5 minutes and then resected. On the R group the strangulated bowel was immediately resected without destrangulation. The control group received sham laparotomy. After four hours the animals were euthanasized and samples were drawn from small bowel, stomach, and lung for histologic analysis and biochemical analysis of malondialdehyde (MDA) level. Results. The histologic injury and MDA level on the small bowel tissue is unsignificantly higher on the DR group compared to the R group (p>0,05). There was no significant injury to the stomach and lung tissue, or elevation of MDA level in both groups. Conclusion. Intestinal destrangulation before resection of the bowel cause more tissue injury and oxidative stress on the bowel outside the limit of strangulation, but the difference is not statistically significant. Limited strangulation of one bowel loop do not always cause ischemia-reperfusion injury to stomach and lung.
Keywords: Ischemia-reperfusion injury, intestinal destrangulation, malondialdehyde

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Dorothy - Nama Orang
Ahmad Yani - Nama Orang
Aria Kekalih - Nama Orang

No. Panggil
T18259fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Bedah Anak.,
Deskripsi Fisik
xi, 29 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18259fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18259fkT18259fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Destrangulasi Intestinal Terhadap Cedera Iskemia-Reperfusi Pada Sprague-Dawley  =  The Influence of Intestinal Destrangulation on Ischemia- Reperfusion Injury in Sprague-Dawley Rats.

Related Collection