Tesis

Memori Kerja dan Kesulitan Belajar pada Anak Sekolah Dasar: Suatu Kajian Berbasis Bukti di Satu Sekolah Dasar Negeri Jakarta Pusat = Working Memory and Learning Difficulties in Primary School Student: an Evidence Based Study in A State Primary School at Central Jakarta.

Gangguan memori kerja merupakan salah satu faktor risiko yang signifikan dalam mempengaruhi kemampuan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan proporsi anak dengan gangguan memori kerja dan kesulitan belajar serta untuk menelusuri hubungan keduanya. Penelitian kuantitatif dengan desain potong lintang. Subjek penelitian ini adalah 184 siswa/i kelas 1-6 SD di salah satu Sekolah Dasar Negeri Jakarta Pusat. Memori kerja dinilai berdasarkan kuesioner Working Memory Rating Scale (WMRS) versi Bahasa Indonesia yang diisi oleh guru sekolah. Kesulitan belajar ditentukan berdasarkan nilai akademik pada satu semester terakhir yang berada di bawah nilai rerata kelasnya. Hasil penelitian menunjukkan 21 (11,41%) mengalami gangguan memori kerja. Sementara itu, 92 anak (47,30%) mengalami kesulitan belajar Bahasa Indonesia, 96 anak (52,20%) mengalami kesulitan belajar matematika, dan 65 anak (51,58%) mengalami kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Anak dengan defisit memori kerja berisiko 4,8 kali lebih besar mengalami kesulitan belajar dibandingkan anak tanpa defisit memori kerja, perbedaan ini bermakna secara statistik OR (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Susi Rutmalem - Nama Orang
Tjhin Wiguna - Nama Orang
R. Irawati Ismail - Nama Orang

No. Panggil
T18246fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xiv, 52 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18246fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18246fkT18246fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Memori Kerja dan Kesulitan Belajar pada Anak Sekolah Dasar: Suatu Kajian Berbasis Bukti di Satu Sekolah Dasar Negeri Jakarta Pusat  = Working Memory and Learning Difficulties in Primary School Student: an Evidence Based Study in A State Primary School at Central Jakarta.

Related Collection