Tesis

Pengaruh Diet Kalori Rendah-Protein Tinggi Terhadap Komposisi Tubuh Pada Penyandang Obesitas Dengan Weight Cycling = The Effect of Low Calorie High Protein Diet on Body Composition Changes in Obese With Weight Cycling.

Latar Belakang : Prevalensi obesitas pada populasi dewasa di dunia pada tahun 2014 hampir mencapai 13%, sementara di Indonesia telah mencapai 32,9% pada tahun yang sama. Obesitas merupakan faktor risiko berbagai penyakit tidak menular yaitu diabetes tipe 2 ataupun penyakit kardiovaskular. Sebagian besar orang yang berhasil menurunkan berat badan gagal mempertahankannya dan mengalami kenaikan berat badan berulang (weight cycling). Berbagai penelitian tentang program diet memberikan hasil yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perubahan komposisi tubuh dengan diet kalori rendah protein tinggi dibandingkan dengan protein standar pada penyandang obesitas dengan riwayat weight cycling. Metode: Penelitian ini merupakan uji coba klinis acak terbuka pada penyandang obesitas dengan weight cycling. Sebanyak 61 penyandang obesitas mengikuti penelitian ini. Subjek diberikan diet kalori rendah dan secara acak didistribusikan ke dalam dua kelompok intervensi, yaitu kelompok protein tinggi (22–30% dari total asupan kalori) dan kelompok protein seimbang (12–20%). Antropometri dan data komposisi tubuh diambil pada awal dan akhir penelitian. Subyek diikuti hingga 8 minggu, diberikan buku catatan makan harian dan konseling seminggu sekali. Hasil: 54 peserta menyelesaikan penelitian. Terdapat penurunan yang signifikan dalam berat badan dan indeks massa tubuh (IMT), massa lemak, persentase massa lemak, massa otot, dan kenaikan persentase massa otot terjadi pada kedua kelompok (protein seimbang: p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Joan Jutamulia - Nama Orang
Fiastuti Witjaksono - Nama Orang
Ninik Mudjihartini - Nama Orang

No. Panggil
T18223fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Gizi.,
Deskripsi Fisik
xvi, 109 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18223fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18223fkT18223fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Diet Kalori Rendah-Protein Tinggi Terhadap Komposisi Tubuh Pada Penyandang Obesitas Dengan Weight Cycling = The Effect of Low Calorie High Protein Diet on Body Composition Changes in Obese With Weight Cycling.

Related Collection