Tesis

Hubungan Kadar Kalium Serum Saat Admisi Dengan Mortalitas Selama Perawatan Pasien Sindrom Koroner Akut = Association Between Serum Potassium Levels On Admission With In-Hospital Mortality Of Acute Coronary Syndrome.

Latar belakang: Sindrom koroner akut (SKA) merupakan penyebab utama peningkatan morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. Mortalitas SKA dari berbagai studi di luar negeri diketahui berhubungan dengan kadar kalium serum saat admisi. Penelitian mengenai hubungan kadar kalium serum dengan mortalitas pada SKA masih perlu dilakukan karena adanya kemajuan dalam terapi kardiovaskular yang cukup pesat terutama pada era PCI saat ini dan adanya hasil yang bertolakbelakang antara studi terbaru dengan panduan yang ada. Tujuan: Menilai hubungan antara kadar kalium serum saat admisi dengan mortalitas selama perawatan pasien SKA (in-hospital mortality). Metode: Data kadar kalium dan kematian diperoleh dari rekam medis dengan desain studi kohort retrospektif terhadap 673 pasien SKA yang dirawat dengan sindrom koroner akut di RSUPN Cipto Mangunkusumo. Keluaran utama yang diamati berupa mortalitas selama perawatan. Analisis bivariat dengan Pearson Chi-square dan multivariat menggunakan regresi logistik dilakukan untuk menentukan hubungan antara kadar kalium serum abnormal dengan kematian pada sindrom koroner akut. Hasil dan Pembahasan: Subjek yang datang dengan kadar kalium serum yang abnormal (K < 3,50 mEq/L atau > 5,0 mEq/L) saat admisi sebesar 24,22% (163 pasien), sedangkan grup dengan kalium normal sebesar 510 subjek (75,78%). Dari analisis regresi logistik, setelah adjustment terhadap faktor perancu eGFR, didapatkan hubungan yang bermakna antara kadar kalium serum abnormal saat admisi dengan mortalitas selama perawatan dengan nilai p = 0,04 (adjusted RR 2,184; 95% CI: 1,037-4,601). Terjadi peningkatan risiko mortalitas pada subjek dengan kadar serum kalium 4,0- 5,0 mEq/L) and 510 subjects with normal serum potassium (75.78%). Logistic regression analysis after adjustment of the confounder (eGFR) shows significant association between serum potassium level on admission and inhospital mortality with p value of 0,04 (adjusted RR 2.184; 95% CI: 1.0374.601). The risk of dying for patients with serum potassium of 4.0-

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Jeffri Gunawan - Nama Orang
Dono Antono - Nama Orang
Ika Prasetya Wijaya - Nama Orang
SUKAMTO - Nama Orang

No. Panggil
T18214fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xviii, 63 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18214fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18214fkT18214fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Kadar Kalium Serum Saat Admisi Dengan Mortalitas Selama Perawatan Pasien Sindrom Koroner Akut = Association Between Serum Potassium Levels On Admission With In-Hospital Mortality Of Acute Coronary Syndrome.

Related Collection