Tesis

Kesesuaian Terapi Antibiotik Empiris dengan Kuman Patogen dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Terapi pada Pasien Demam Neutropenia Pasca Kemoterapi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Periode 2015-2018 = The Appropriateness of Empirical Antibiotic Therapy with Pathogen and Its Effect toward Successful Therapy in Chemo-related Febrile Neutropenic patients at Cipto Mangunkusumo Hospital From 2015-2018.

Latar Belakang. Keberhasilan terapi demam neutropenia berkaitan erat dengan pemberian antibiotik empiris awal. Pola kuman patogen berbeda-beda pada tempat satu dan yang lain. Penelitian mengenai kesesuaian antibiotik dengan kuman patogen dan pengaruhnya terhadap keberhasilan terapi penting diteliti untuk mendapat gambaran mengenai pilihan antibiotik empiris di RSCM. Tujuan. Mengetahui kesesuaian antibiotik empiris dengan kuman patogen dan pengaruhnya terhadap keberhasilan terapi. Metode. Desain kohort retrospektif dengan menggunakan data rekam medis RSCM periode Januari 2015 – Maret 2018. Analisis kesesuaian menggunakan Uji Mc Nemar dan analisis kesesuaian terhadap keberhasilan terapi menggunakan Uji Chi Square dan menghitung nilai relative risk (RR). Hasil. Didapatkan 114 subyek yang memenuhi kriteria penelitian. Kejadian demam neutropenia lebih banyak dijumpai pada perempuan (52,6%), usia

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Stephanie Chandra - Nama Orang
Muhadi - Nama Orang
Lie Khie Chen - Nama Orang
Ikhwan Rinal - Nama Orang

No. Panggil
T18192fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 98 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18192fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18192fkT18192fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kesesuaian Terapi Antibiotik Empiris dengan Kuman Patogen dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Terapi pada Pasien Demam Neutropenia Pasca Kemoterapi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Periode 2015-2018 = The Appropriateness of Empirical Antibiotic Therapy with Pathogen and Its Effect toward Successful Therapy in Chemo-related Febrile Neutropenic patients at Cipto Mangunkusumo Hospital From 2015-2018.

Related Collection