Tesis

Faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian reverse remodelling dini ventrikel kiri pada pasien dengan regurgitasi aorta kronik pasca pembedahan katup aorta = Factors associated with early left ventricle reverse remodelling in patient with chronic aortic regurgitation post aortic valve surgery.

Latar belakang: Reverse remodelling ventrikel kiri (RRVKi) merupakan salah satu prediktor luaran klinis yang baik pasca operasi katup aorta dengan indikasi regurgitasi aorta kronik. Namun demikian, RRVKi tidak selalu terjadi pada pasien pasca pembedahan katup aorta. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor apakah yang berhubungan dengan kejadian RRVKi dini pada pasien penyakit katup regurgitasi aorta pasca pembedahan katup aorta Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang analitik yang dilakukan di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJDPHK). Subjek penelitian adalah pasien yang menjalani operasi pergantian katup aorta dengan indikasi regurgitasi aorta kronik periode Januari 2007-Desember 2017. Dilakukan telusur rekam medis, dinilai karakteristik dasar, data preoperatif, intra operatif dan pasca operatif dan dianalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian RRVKi pasca pembedahan katup aorta. Hasil: Terdapat 130 pasien yang menjadi subjek penelitian. Didapatkan 70 subjek (53,8%) yang mengalami RRVKi dini pasca pembedahan katup aorta. Didapatkan etiologi dominan regurgitasi aorta kronik yaitu penyakit jantung reumatik sebanyak 62 subjek (48%). Median LVEDD preoperatif mengalami reduksi secara signifikan setelah operasi dari 68 (48-105) mm mejadi 54 (34-91) mm dengan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Haris Munirwan - Nama Orang
Amiliana M. Soesanto - Nama Orang
Rarsari Soerarso - Nama Orang

No. Panggil
T18154fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xviii, 42 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18154fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18154fkT18154fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian reverse remodelling dini ventrikel kiri pada pasien dengan regurgitasi aorta kronik pasca pembedahan katup aorta = Factors associated with early left ventricle reverse remodelling in patient with chronic aortic regurgitation post aortic valve surgery.

Related Collection