Tesis

Pengaruh Terapi Kombinasi Elektroakupunktur dan Medika- Mentosa Terhadap Pain Free Time, Visual Analog Scale (VAS) dan Interincisal Distance pada Pasien Paska Operasi Impaksi Molar 3 Mandibula = The Effect of Combination Electroacupuncture Therapy and Medications on Pain Free Time, Visual Analog Scale (VAS) and Interincisal Distance in Mandibular Third Molar Impaction Post-operative Patient.

Operasi impaksi molar 3 mandibula (odontektomi) dapat menimbulkan komplikasi yang mempengaruhi kualitas hidup pasien. Komplikasi yang sering terjadi yaitu nyeri, pembengkakan dan keterbatasan membuka mulut (trismus). Berdasarkan penelitian sebelumnya, akupunktur menunjukkan hasil yang baik terhadap manajemen nyeri paska operasi gigi impaksi molar 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi kombinasi elektroakupunktur dan medikamentosa terhadap interval waktu bebas nyeri, intensitas nyeri dan kemampuan membuka mulut pasien paska operasi. Sebanyak 44 pasien yang akan menjalani operasi impaksi molar 3 mandibula secara acak dibagi menjadi kelompok elektroakupunktur dan medikamentosa (n=22) dan elektroakupunktur sham dan medikamentosa (n=22). Pada kelompok elektroakupunktur, dilakukan penusukan pada titik ST6 dan ST7 pada sisi yang akan dioperasi, serta LI4 dan LR3 bilateral, kemudian dihubungkan dengan elektroda stimulator frekuensi 3/15 gelombang dense disperse intensitas rendah selama 20 menit. Elektroakupunktur dilakukan sebanyak satu kali sebelum operasi. Penilaian interval pain free time dilakukan sesaat setelah operasi sampai timbulnya nyeri akibat hilangnya efek anestesi lokal, penilaian skor VAS dilakukan pada hari ke-1, 3 dan 7 paska operasi dan penilaian interincisal distance dilakukan pada hari ke-3 dan 7 paska operasi. Hasilnya terdapat perbedaan bermakna interval pain free time pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Ina Farhaniah - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Abdul Latief - Nama Orang
Kemas Abdurrohim - Nama Orang

No. Panggil
T18138fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xv, 77 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18138fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18138fkT18138fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Terapi Kombinasi Elektroakupunktur dan Medika- Mentosa Terhadap Pain Free Time, Visual Analog Scale (VAS) dan Interincisal Distance pada Pasien Paska Operasi Impaksi Molar 3 Mandibula = The Effect of Combination Electroacupuncture Therapy and Medications on Pain Free Time, Visual Analog Scale (VAS) and Interincisal Distance in Mandibular Third Molar Impaction Post-operative Patient.

Related Collection