Tesis

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keberhasilan Concomitant Cox-maze IV pada Pasien dengan Fibrilasi Atrium dan Penyakit Katup Mitral = Associated factors with Successful Concomitant Cox-Maze IV in Patient with Atrial Fibrillation and Mitral Valve Disease.

Latar belakang: Salah satu terapi fibrilasi atrium adalah ablasi bedah yang disebut Cox-maze IV yang dilakukan bersamaan dengan operasi katup mitral (concomitant cox-maze IV). Keberhasilan Cox-maze IV di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan kita cukup tinggi yaitu 88,13%. Penelitian ini untuk menilai faktor-faktor yang berhubungan dengan keberhasilan concomitant Cox-maze IV pada pasien dengan fibrilasi atrium dan penyakit katup mitral di RSJPD Harapan Kita, Indonesia. Metode: Desain penelitian adalah cross sectional. Pasien dengan penyakit katup mitral dan fibrilasi atrium diperiode Januari 2012 sampai Desember 2017 dilakukan operasi katup mitral dan Cox-maze IV kemudian dievaluasi irama jantung 6 bulan pasca operasi. Irama yang dinilai adalah bebas fibrilasi atrium dan dinilai faktor-faktor yang berhubungan. Hasil: Total subjek adalah 115 pasien dengan prevalensi bebas fibrilasi atrium 6 bulan pascabedah adalah 81.5%. Pascabedah mortalitas sebanyak 7 pasien (6,1%). Diameter atrium kiri lebih dari 60 mm memiliki odds ratio 2,91 artinya, pasien dengan diameter atrium kiri lebih dari 60 mm memiliki peluang 2,91 kali irama tetap fibrilasi atrium dibanding dengan pasien dengan diameter atrium kiri kurang dari 60 mm. Simpulan: Faktor yang berhubungan dengan keberhasilan concomitant Cox-maze IV pada pasien dengan fibrilasi atrium dan penyakit katup mitral adalah diameter atrium. Pasien dengan diameter atrium kiri lebih dari 60 mm memiliki OR 2,91 tetap FA.
Kata kunci: fibrilasi atrium; Cox-maze IV; Operasi katup mitral


Background: One of the atrial fibrillation (AF) therapies is surgical ablation called Cox-maze IV performed simultaneously with mitral valve surgery. in conjunction with mitral valve surgery (concomitant Cox-maze IV). The success of Cox-maze IV in RSJPD Harapan Kita is quite high at 88.13%. This study was to find out the factors associated with the concomitant Cox-maze IV in with atrial fibrillation and Mitral Valve Disease at RSJPD Harapan Kita, Indonesia. Methods: The study design was cross sectional. Patients with mitral disease and atrial fibrillation in the period of January 2012 to December 2017 were performed by mitral valve surgery and Cox-maze IV then evaluated in 6 months postoperative heart rhythm. Freedom of atrial fibrillation and the factors associated were evaluated. Results: The number of subjects was 115 patients with prevalence of 6 months postoperative freedom of atrial fibrillation at 81.5%. Postoperative mortality was 7 patients (6.1%). The left atrial diameter over 60 mm had odds ratio 2.91, patients with a left atrial diameter over 60 mm had a probability of 2.91 times a keep atrial fibrillation compared with patients with a left atrial diameter less than 60 mm. Conclusion: Factors associate with successful of Cox-maze IV in patient with atrial fibrillation and mitral valve disease are the atrial diameter. Patients with a left atrial diameter over 60 mm had a fixed OR 2.91 AF
Keyword: atrial fibrillation, cox-maze IV, mitral valve surgery

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Wirya Ayu Graha - Nama Orang
Arianto Bono Adji - Nama Orang

No. Panggil
T18123fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah Toraks Kardiovaskuler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 45 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18123fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18123fkT18123fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keberhasilan Concomitant Cox-maze IV pada Pasien dengan Fibrilasi Atrium dan Penyakit Katup Mitral =  Associated factors with Successful Concomitant Cox-Maze IV in Patient with Atrial Fibrillation and Mitral Valve Disease.

Related Collection