Tesis

Hubungan hasil skor STRONGkids modifikasi dengan kejadian malnutrisi rumah sakit di ruang rawat inap anak Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan = Modified STRONGkids nutritional risk screening tools is associated with incidence of hospital malnutrition among hospitalized children in Adam Malik Medan General Hospital.

Latar belakang: Malnutrisi rumah sakit (MRS) adalah malnutrisi yang terjadi pada pasien yang dirawat inap. Prevalensi MRS berkisar antara 20% sampai 50%. Deteksi dini untuk mengetahui risiko kejadian MRS diperlukan sehingga MRS dapat dicegah dengan pemberian asuhan nutrisi yang tepat pada anak. Hingga saat ini alur asuhan nutrisi dan tindak lanjut hasil skor STRONGkids belum dijalankan di ruang rawat inap anak RSUP HAM. Tujuan: Menilai hubungan hasil skor STRONGkids modifikasi dengan kejadian MRS dan menyusun rancangan alur asuhan nutrisi anak di ruang rawat inap RSUP HAM. Metode: Penelitian kohort prospektif dilakukan pada anak usia 1 bulan – 18 tahun yang dirawat inap ≥7 hari di RSUP HAM, pada bulan Mei hingga Agustrus 2017. Dilakukan penilaian skor STRONGkids modifikasi pada setiap pasien yang dirawat dan pengukuran antropometri saat mulai dirawat dan saat pasien dipulangkan, untuk menilai kejadian MRS. Kriteria MRS apabila dijumpai penurunan berat badan ≥2% selama dirawat atau penurunan lingkar lengan atas pada kelompok pasien dimana berat badan tidak dapat digunakan untuk menilai status nutrisi. Hasil: Terdapat 165 subjek dalam penelitian ini yang memenuhi kriteria inklusi. Angka kejadian MRS adalah 40,6%. Kejadian malnutrisi rumah sakit lebih tinggi pada kelompok pasien yang berat badannya tidak dapat dinilai untuk menilai status nutrisi. Hanya 27.6% pasien dengan risiko tinggi yang dikonsulkan rawat bersama Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik. Terdapat 45.6% pasien dengan risiko sedang dan 55.2% pasien dengan risiko tinggi STRONGkids modifikasi yang mengalami MRS dengan nilai P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Winra Pratita - Nama Orang
Aria Kekalih - Nama Orang
Klara Yuliarti - Nama Orang

No. Panggil
T18114fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 76 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18114fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18114fkT18114fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan hasil skor STRONGkids modifikasi dengan kejadian malnutrisi rumah sakit di ruang rawat inap anak Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan = Modified STRONGkids nutritional risk screening tools is associated with incidence of hospital malnutrition among hospitalized children in Adam Malik Medan General Hospital.

Related Collection