Tesis

Efek Antiproliferasi dan Apoptosis Kombinasi Cisplatin dan Nanokurkumin pada Kultur Sel hayati Kanker Ovarium SKOV3 = Effects of Antiproliferation and Apoptosis Combination of Cisplatin and Nanokurkumin in Culture of Ovarian Cancer Cells SKOV3.

Latar Belakang: Kanker ovarium merupakan salah satu kanker yang menyebabkan kematian paling tinggi pada wanita. Tujuh puluh persen saat didiagnosis ditemukan pada stadium lanjut, dengan angka kesintsan dalam 5 tahun hanya 46%. Modalitas terapi saat ini adalah sitoreduksi dengan kemotterapi adjuvant platinum based sebagai lini pertama. Efektivitas kemoterapi hanya 60% pada stadium lanjut, untuk selanjutnya berkembang menjadi rekuren. Oleh karena itu dibutuhkan jenis terapi tambahan berdasarkan jenis atau agen yang bekerja spesifik di sel kanker dan dapat bersinergi dengan pengobatan standar saat ini. Kurkumin sebagai salah satu agen yang banyak diuji memiliki efek anti-kanker. Kurkumin berpotensi sebagai anti kanker dan bekerja pada semua multistep karsinogenesis. Kurkumin dapat bekerja sebagai antiproliferasi dan meningkatkan apoptosis. Tujuan: untuk mengetahui antiproliferasi (ekspresi Ki67) dan apoptosis (caspase 3 dan caspase 8) kombinasi cisplatin dengan nanokurkumin pada sel hayati SKOV3. Metode: Penelitian ini dilakukan uji eksperimental in vitro dengan menggunakan sel hayati SKOV3 untuk mengetahui antiproliferasi (ekspresi Ki67) dan apoptosis (caspase 3 dan caspase 8) kombinasi cisplatin dengan nanokurkumin pada sel tersebut. Uji analisis data dengan T tidak berpasangan bila sebaran normal / uji Mann Whitney bila sebaran tidak normal serta menggunakan Graph Pad Prism. Hasil: Berdasarkan penelitian ini, didapatkan cc50 nanokurkumin 67 µm dan cc50 cisplatin 54 µm dengan menggunakan metode MTT Assay. Viabilitas sel pada penelitian ini menurun sesuai dengan dose dependent, dimana pada dosis kombinasi nanokurkumin 134 µm dengan cisplatin 108 µm ditemukan sel hidup yang paling rendah 24.3% (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Muhammad Yusuf - Nama Orang
Aria Kekalih - Nama Orang
Sigit Purbadi - Nama Orang
Wawaimuli - Nama Orang
Aroem Naroeni - Nama Orang

No. Panggil
T18106fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 75 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18106fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18106fkT18106fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Antiproliferasi dan Apoptosis Kombinasi Cisplatin dan Nanokurkumin pada Kultur Sel hayati Kanker Ovarium SKOV3 = Effects of Antiproliferation and Apoptosis Combination of Cisplatin and Nanokurkumin in Culture of Ovarian Cancer Cells SKOV3.

Related Collection