Tesis

Pengaruh Pemberian Nanokurkumin Terhadap Ekspresi Telomerase, Ekspresi Nf-kB, dan Indeks Proliferasi BrdU Pada Kultur Cell Line Koriokarsinoma BeWo (ATCC CCL-98) = Nanocurcumin effects on telomerase activity, NF-B expression, and BrdU proliferation index in Bewo Choriocarcinoma Cell Line Culture (ATCC CCL-98)

Koriokarsinoma merupakan keganasan yang sangat invasive berasal dari villi plasentra dan trofoblas. Mola invasif dan koriokarsinoma sangat reponsif terhadap kemoterapi dengan angka kesembuhan lebih dari 90%, yang memungkinkan tercapainya kesembuhan tanpa mengganggu fungsi reproduksi. Methotrexate (MTX) merupakan terapi yang sering digunakan pada beberapa keganasan dan merupakan protokol kemoterapi pada koriokarsinoma, namun MTX memiliki banyak efek samping. Berbagai penelitian pada setengah abad terakhir menunjukan fungsi penting nanokurkumin. Penelitian in vitro dan in vivo menujukkan perannya seperti anti inflamasi, pengeluaran sitokin, anti oksidan dan imunomodulator. Namun, sapai saat ini belum ada penelitian mengenai efek antikanker nanokurkumin pada koriokarsinoma. Penelitian eksperimental sederhana ini menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji t sampel bebas, dan uji Anova One Way. Pada penelitianini, kami meneliti dan mebandingkan efek pemberian MTX atau kombinasi dengan nanokurkumin pada berbagai jalur sinyal. Pada penelitian ini, 4 kelompok sel BeWo diberikan kombinasi MTX dan nanokurkumin, 1 kelompok sel BeWo diberikan MTX sebagai control positif, dan 1 kelompok sel BeWo sebagai control negatif. Penelitian ini menunjukkan terdapat penurunan ekspresi telomerase, ekspresi NF-κB, dan indeks proliferasi BrdU yang signifikan dengan pemberian kombinasi MTX dan nanokurkumin dibandingkan dengan MTX saja (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Subandi - Nama Orang
Aria Kekalih - Nama Orang
Sigit Purbadi - Nama Orang
Wawaimuli Arozal - Nama Orang

No. Panggil
T18105fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 1320 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18105fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18105fkT18105fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Pemberian Nanokurkumin Terhadap Ekspresi Telomerase, Ekspresi Nf-kB, dan Indeks Proliferasi BrdU Pada Kultur Cell Line Koriokarsinoma BeWo (ATCC CCL-98) = Nanocurcumin effects on telomerase activity, NF-B expression, and BrdU proliferation index in Bewo Choriocarcinoma Cell Line Culture (ATCC CCL-98)

Related Collection