Tesis

Korelasi antara Ketebalan Otot Ekstraokular pada CT Scan Orbita dengan Derajat Oftalmopati Graves = Correlation between Extraocular Muscles Diameter in Orbital CT Scan with Graves’ Ophthalmopathy Severity.

Latar Belakang : CT scan orbita merupakan modalitas radiologi yang mudah dan efisien untuk menilai adanya penebalan otot ekstraokular pada penderita oftalmopati Graves. Penebalan otot ekstraokular memiliki korelasi dengan masing-masing derajat oftalmopati Graves. Di Indonesia, belum ada korelasi antara ketebalan otot ekstraokular dengan derajat oftalmopati Graves menurut klasifikasi NOSPECS. Tujuan : Mendapatkan nilai korelasi antara ketebalan otot ekstraokular pada CT scan orbita dengan derajat oftalmopati Graves. Metode : Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dengan metode consecutive sampling. Sampel penelitian berjumlah 89 orbita yang berasal dari 50 pasien penderita oftalmopati Graves yang telah menjalani pemeriksaan CT scan orbita di Departemen Radiologi RSUPN Cipto Mangunkusumo periode Januari 2012 hingga Desember 2016. Penelitian dilakukan sejak Februari hingga Maret 2017. Pengukuran ketebalan otot ekstraokular pada CT scan orbita dilakukan setelah meninjau ulang derajat oftalmopati Graves melalui hasil pemeriksaan oftalmologi. Hasil : Terdapat perbedaan bermakna di antara rerata ketebalan otot ekstraokular menurut derajat oftalmopati Graves (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Denie Kartono - Nama Orang
Syntia Nusanti - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang
Vally Wulani - Nama Orang

No. Panggil
T17630
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 67 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17630FKT17630FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi antara Ketebalan Otot Ekstraokular pada CT Scan Orbita dengan Derajat Oftalmopati Graves = Correlation between Extraocular Muscles Diameter in Orbital CT Scan with Graves’ Ophthalmopathy Severity.

Related Collection