Tesis

Prekondisi dan Hipotermia Untuk Proteksi Cedera ReperfusiHepar pada Oryctolagus Cuniculus = Preconditioning and Hypothermia as a Protective Effect for Liver Reperfusion Injury due to femoral artery ligation on Oryctolagus Cuniculus.

Pendahuluan. Cedera iskemia–reperfusi (CI/R) merupakan masalah serius yang dihadapi pascahipoksia; menyebabkan kerusakan sel yang letaknya berjauhan (remote organ injury). Strategi yang digunakan untuk mengurangi kerusakan hepar pascaiskemia adalah melalui penerapan ischemic pre–conditioning (PI/R) dan hiportemia. PI/R telah terbukti mengurangi kerusakan jaringan melalui mekanisme resistensi terhadap iskemia dan kebutuhan energi lebih rendah. Sedangkan hipotermia menghambat laju kematian sel sehingga dapat diterapkan sebagai terapi awal pada tatalaksana trauma dengan tujuan mencegah kerusakan bertambah berat. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya efek protektif PI/R dan hipotermia terhadap perubahan morfologi jaringan hepar dan peningkatan kadar malondialdehyde (MDA) sebagai respon stress oksidatif Metode. Studi eksperimental pada 24 ekor Oryctolagus cuniculus,. Kelompok iskemia dilakukan ligasi arteri femoralis komunis dalam pembiusan selama empat jam untuk menginduksi iskemia, kemudian ligasi dibuka dan kelinci dibiarkan beraktivitas selama delapan jam. Pada kelompok PI/R dilakukan ligasi berulang arteri femoralis komunis kanan selama dua menit, dilepaskan tiga menit sebanyak dua siklus, kemudian diligasi selama empat jam. Kelompok hipotermia, dilakukan iskemia disertai membungkus ekstremitas bawah kanan dengan es, suhu antara 31-33o C Kemudian dilakukan laparotomi, dan diambil organ hepar. Pemeriksaan histopatologi hepar dilihat dari 3 zona, sentral, midzonal, perifer. Untuk menilai stress oksidatif jaringan dilakukan pemeriksaan biokimia dengan malondialdehyde (MDA). Dilakukan uji statistik terhadap variabel tersebut dengan kemaknaan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Sinta Chaira Maulanisa - Nama Orang
Yefta Moenadjat - Nama Orang

No. Panggil
T18089fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
xiii, 39 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18089fkT18089fkPerpustakaan FKUITersedia
TULIS SEBUAH ULASAN
1 komentar yang tersedia
Muhammad Jevi Rian Aipasha pada 2024-05-25 06:41:51 tulis

kolesinya menarik


Masuk ke area anggota untuk memberikan review tentang koleksi
Image of Prekondisi dan Hipotermia Untuk Proteksi Cedera ReperfusiHepar pada Oryctolagus Cuniculus =  Preconditioning and Hypothermia as a Protective Effect for Liver Reperfusion Injury due to femoral artery ligation on Oryctolagus Cuniculus.

Related Collection