Tesis

Efektivitas Pelembap Gliserin 10% dalam Vaselin Album untuk Pencegahan Sekunder terhadap Dermatitis Kontak di Tangan pada Tenaga Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa = Effectiveness of Glycerin 10% in Vaseline Album for Secondary Prevention of Hand Contact Dermatitis among Loading Dock Workers at Port Sunda Kelapa.

Latar Belakang. Dermatitis pada tangan akibat kerja (DTAK) bersifat kronis, memiliki prognosis buruk, dan berdampak signifikan terhadap aspek psikososial dan pekerjaan. Prevalensi dermatitis kontak pada tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta adalah sebesar 24,3%, dengan lesi di tangan 47,1%. Penggunaan alat pelindung diri (APD) masih belum cukup untuk mengatasi masalah ini, sehingga dibutuhkan intervensi lain. Penggunaan pelembap untuk memperbaiki sawar kulit dipertimbangkan efektif untuk mencegah keparahan DTAK. Metode. Penelitian ini adalah kuasi eksperimental satu kelompok. Intervensi dilakukan dengan menggunakan gliserin 10% dalam vaselin album sekali sehari setelah bekerja selama 14 hari. Hasil. Rerata nilai transepidermal water loss (TEWL) setelah intervensi (11,4±3,8 g/m 2 /jam) lebih rendah dibandingkan rerata nilai TEWL awal (14,2±4 g/m /jam), dengan perbedaan rerata nilai TEWL sebesar 2,8+2,9 g/m 2 /jam (p= 0,000 (95% CI 1,54,1)). Median nilai hand eczema severity index (HECSI) setelah intervensi (9,5 (3-34)) lebih rendah dibandingkan median skor HECSI awal (29,5 (6-80)), dengan perbedaaan rerata skor HECSI sebesar 19,5 (-2-46) (p= 0,000). Korelasi antara perubahan nilai TEWL dan perubahan skor HECSI tidak bemakna (p= 0,476) dengan kekuatan korelasi sangat lemah (r= 0,160). Variabel exposure rating tahunan debu semen berhubungan dengan perubahan skor HECSI (p= 0,002). Setelah intervensi seluruh lesi di jari-jari, telapak tangan, punggung tangan dan pergelangan tangan mengalami perbaikan yang bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Dhita Octriani - Nama Orang
Aria Kekalih - Nama Orang
Windy Keumala Budianti - Nama Orang

No. Panggil
T18049fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xvi, 122 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18049fkT18049fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Pelembap Gliserin 10% dalam Vaselin Album untuk Pencegahan Sekunder terhadap Dermatitis Kontak di Tangan pada Tenaga Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa =  Effectiveness of Glycerin 10% in Vaseline Album for Secondary Prevention of Hand Contact Dermatitis among Loading Dock Workers at Port Sunda Kelapa.

Related Collection