Tesis

Perbandingan Tingkat Kecemasan pada Perempuan yang Mengalami Keguguran Spontan, Keguguran Berulang, dan Lahir Mati = Comparison of Anxiety Levels in Women Experiencing Spontaneous Miscarriage, Recurrent Miscarriage, and Intra Uterine Fetal Death.

Latar Belakang: Sekitar 210 juta perempuan hamil setiap tahunnya di dunia, 15-20% berujung pada pregnancy loss (PL). PL dapat menimbulkan dampak psikologis yang signifikan. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada perempuan yang mengalami keguguran spontan, keguguran berulang, dan lahir mati. Metode: Studi analitik dengan metode potong lintang dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sejak Januari-Oktober 2017. Kami merekrut perempuan hamil yang mengalami keguguran spontan, keguguran berulang, dan lahir mati di RSCM. Kemudian pasien dilakukan wawancara untuk pengisian kuisioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) dalam 24 jam pertama setelah menjalani tindakan. Data kemudian ditampilkan dalam bentuk deskriptif dan dilanjutkan analisis. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 22 dengan nilai p < 0,05 dianggap bermakna. Hasil: Dari 157 kasus pregnancy loss yang ditemukan, sebagian besar merupakan keguguran spontan (65 kasus), diikuti lahir mati (52 kasus), serta keguguran berulang (20 kasus). Sebagian besar dari responden (74.5%) merupakan usia reproduktif yaitu sekitar 20-35 tahun. Pada analisis rerata tingkat kecemasan, terdapat perbedaan bermakna antara kelompok keguguran spontan, keguguran berulang, maupun lahir mati (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Erich Chandra Sianipar - Nama Orang
Kanadi Sumapraja - Nama Orang

No. Panggil
T17510fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xi, 49 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17510FKT17510fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Tingkat Kecemasan pada Perempuan yang Mengalami Keguguran Spontan, Keguguran Berulang, dan Lahir Mati = Comparison of Anxiety Levels in Women Experiencing Spontaneous Miscarriage, Recurrent Miscarriage, and Intra Uterine Fetal Death.

Related Collection