Tesis

CXCR4 dan RANK sebagai Faktor Prediktor Metastasis Tulang pada Kanker Payudara = CXCR4 and RANK as a Predictor of Bone Metastasis in Breast Cancer.

Latar Belakang :Kanker payudara sampai saat ini memiliki insiden dan prevalensi yang tertinggi dalam diantara penyakit kanker pada perempuan. Lokasi tersering metastasis kanker payudara adalah tulang dimana memiliki overall survival yang baik yang berakibat pada pengeluaran biaya yang tinggi dibandingkan dengan metastasis organ viseral. CXCR4 dan RANK diketahui memiliki peran dalam homing sel kanker ke tulang. Dibandingkan dengan biomarker-biomarker yang lain, CXCR4 dan RANK berada pada kaskade paling awal dari proses metastasis tulang. Aksis CXCR4 dengan SDF-1 sebagai ligannya merupakan pengaturan utama dalam trafficking sel pada beberapa sel punca tubuh manusia. Aksis RANK/RANKL/OPG mengontrol proses osteoklastogenesis dan resorpsi tulang. Dari berbagai studi didapatkan CXCR4 dan RANK diekspresikan tinggi pada kanker payudara dan berkaitan dengan metastasis tulang. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan kombinasi ekspresi protein CXCR4 dan RANK sebagai faktor prediktor metastasis tulang pada kanker payudara Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah case control, analitik, dengan observasional, untuk diagnostik dan prognostik. Penelitian ini dilakukan pada penderita kanker payudara stadium I-IV dengan jumlah sampel 58 pasien. Hasil Penelitian : Faktor Klinikopatologi stadium tumor, mempunyai hubungan yang signifikan terhadap ekspresi kombinasi CXCR4 dan RANK pada metastasis tulang pada kasus kanker payudara. Pada penderita kanker payudara terdapat hubunngan yang signifikan antara nilai kombinasi ekspresi CXCR4 dan RANK tinggi dengan kejadian metastasis tulang . Kesimpulan : Faktor Klinikopatologi stadium tumor mempunyai hubungan yang signifikan terhadap ekspresi kombinasi CXCR4 dan RANK pada metastasis tulang pada kasus kanker payudara. Kombinasi CXCR4 dan RANK dapat digunakan sebagai alat prediktor diagnostik untuk mengetahui status metastasis tulang kanker payudara, sehingga dapat diberikan terapi awal yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan menekan biaya kesehatan di kemudian hari.
Kata kunci: Kanker Payudara, CXCR4, RANK, Metastasis Tulang


Background :Until recently, breast cancer has the highest prevalence and incidence of female cancer. Breast cancer often metastasised to bone, which have better overall survival but consume more health cost than visceral metastasis. CXCR4 and RANK have been known for it’s role in cancer cell homing to bone. Instead of other biomarkers of bone metastasis, CXCR4 and RANK act in the early cascade of bone metastasis process. CXCR4/SDF-1 axis plays a great role in cell trafficking of many types of human stem cell. RANK/RANKL/OPG axis mediates osteoclastogenesis and bone resorption. In several studies, CXCR4 and RANK are highly expressed in breast cancer and correlate with bone metastasis Aim:To establish the combination , CXCR4 and RANK are highly expressed in breast cancer and correlate with bone metastasis Methods : Case Control study ,analytical, observational for prognostic and diagnostic by involving 58 patiens with stadium I,II,II,IV at breast cancer Result: Clinicopathalogical factor : ,stadium had significant correlation with combination CXCR4 and RANK expression in breast cancer patients . The High combination CXCR4 and RANK expression in breast cancer patients had significant correlation with bone metastasis. Conclusion:Clinicopathalogical factor stadium tumor had significant correlation with combination CXCR4 and RANK expression in breast cancer patients. The high Combination of CXCR4 and RANK expression can act as a predictor for bone metastasis in breast cancer, so the patient can start early therapy which increase the quality of life and reduce treatment cost.
Keywords: Breast Cancer, CXCR4, RANK, Bone Metastasis

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Badjuadji - Nama Orang
Erwin Danil Yulian - Nama Orang
Walta Gautama - Nama Orang
Primaria Dewi Rustamadji - Nama Orang

No. Panggil
T18014fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Bedah Onkologi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 87 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18014fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18014fkT18014fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of CXCR4 dan RANK sebagai Faktor Prediktor Metastasis Tulang pada Kanker Payudara = CXCR4 and RANK as a Predictor of Bone Metastasis in Breast Cancer.

Related Collection